BUBUR KERTAS SEBAGAI MEDIA BERKARYA RELIEF DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS 4 SD N 2 CÈKÈL PURWODADI


Dwi Ari Ristyanti, 2401411010 (2017) BUBUR KERTAS SEBAGAI MEDIA BERKARYA RELIEF DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS 4 SD N 2 CÈKÈL PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401411010.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Ristyanti, Dwi Ari. 2016. “Bubur Kertas sebagai Media Berkarya Relief dalam Pembelajaran Seni Rupa Kelas 4 SD N 2 Cekel Purwodadi”. Skripsi, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1: Dr. Triyanto, M.A., pembimbing 2: Drs.PC.S.Ismiyanto,M.Pd.,. i-xix,1-277 halaman. Kata Kunci: Kreativitas, bubur kertas, relief, pembelajaran, seni rupa Penelitian skripsi ini mengkaji masalah: (1)Bagaimana pembuatan bahan dasar bubur kertas sebagai media berkarya relief, (2)bagaimana proses pembelajaran siswa dalam berkarya relief dari bubur kertas di Kelas 4 SD N 2 Cekel Purwodadi, (3)bagaimana hasil pembelajaran siswa dalam berkarya relief dari bubur kertas di Kelas 4 SD N 2 Cekel serta (4)faktor-faktor apa mempengaruhi kegiatan pembelajaran dalam berkarya relief dari bubur kertas di siswa kelas 4 SD N 2 Cekel. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan, menganalisis mengidentifikasi permasalahan tersebut.Secara metodologis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terkendali, wawancara, dokumentasai, dan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, pembelajaran berkarya relief dengan media bubur kertas dilakukan melalui empat tahapan, yaitu (1)membuat rancangan, (2)proses modelling,(3)pendasaran dan (4)pewarnaan. Kedua, pembelajaran berkarya relief pada pengamatan terkendali 1 dan pengamatan terkendali 2 menunjukkan hasil nilai peningkatan rata-rata. Hal ini ditandai dengan hasil nilai rata-rata pada pengamatan terkendali 1 mencapai 68,83 dalam kategori cukup belum tuntas dan pada pengamatan terkendali 2 menunjukkan peningkatan pada hasil nilai rata-rata senilai 76,52 dalam kategori baik tuntas. Ketiga, faktor yang mempengaruhi pembelajaran berkarya relief dengan media bubur kertas meliputi (1)faktor internal yaitu minat dan rasa percaya diri siswa, (2)faktor eksternal yaitu guru, prasarana dan sarana pembelajaran, kebijakan penilaian, lingkungan sosial siswa di sekolah, kurikulum sekolah.Saran yang direkomendasikan meliputi bubur kertas dapat digunakan sebagai media alternatif dalam berkarya relief dengan hasil yang baik. Untuk itu, guru perlu menggunakan media bubur kertas karena media ini dari segi bahan mudah didapat dan ekonomis serta dapat mengurangi limbah kertas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, bubur kertas, relief, pembelajaran, seni rupa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 38258 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 07:21
Last Modified: 16 Apr 2024 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24636

Actions (login required)

View Item View Item