KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN PENUGASAN DIAGRAM ROUNDHOUSE


Futikhatul Fitriana, 4401412043 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN PENUGASAN DIAGRAM ROUNDHOUSE. Under Graduates thesis, Uneversitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401412043.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis data sekunder berupa rekapitulasi penguasaan materi biologi pada ujian nasioanl SMA/MA tahun pelajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa daya serap terhadap materi sistem pertahanan tubuh siswa SMA Negeri 2 Rembang paling rendah di antara 40 indikator yang diujikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran sistem pertahanan tubuh menggunakan metode GNT dengan penugasan diagram roundhouse terhadap optimalisasi hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Rembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Rembang pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari lima kelas XI IPA, dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 171 siswa. Sampel penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI IPA-1 (kelas kontrol) dan 36 siswa kelas XI IPA-3 (kelas eksperimen) yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan metode GNT dengan penugasan diagram roundhouse. Kemampuan siswa kelas eksperimen pada ranah kognitif secara perseorangan mencapai nilai akhir ≥ 76 dan ketuntasan klasikal ≥ 97%. Rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen berbeda signifikan terhadap kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen berbeda signifikan terhadap kelas kontrol. Sebanyak 82 % siswa pada kelas eksperimen masuk kategori baik hingga sangat baik pada penguasaan teknik pengerjaan diagram roundhouse, serta adanya tanggapan baik dari siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode GNT dengan penugasan diagram roundhouse pada pembelajaran sistem pertahanan tubuh efektif terhadap optimalisasi hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 2 Rembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Note Taking (GNT), Hasil Belajar Siswa, Keefektifan, Penugasan diagram roundhouse, Sistem Pertahanan Tubuh.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 38261 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:09
Last Modified: 16 Apr 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24620

Actions (login required)

View Item View Item