PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 TEGAL


Muhammad Agung Nugroho, 5301412073 (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran berbagai upaya dilakukan dengan peningkatan motivasi belajar. Dalam hal belajar siswa akan berhasil kalau dalam dirinya sendiri ada kemauan untuk belajar dan keinginan atau dorongan untuk belajar, karena dengan peningkatan motivasi belajar maka siswa akan tergerak, terarahkan sikap dan perilaku siswa dalam belajar. Dalam motivasi belajar terkandung adanya cita-cita atau aspirasi siswa, ini diharapkan siswa mendapat motivasi belajar sehingga mengerti dengan apa yang menjadi tujuan dalam belajar. Disamping itu, keadaan siswa yang baik dalam belajar akan menyebabkan siswa tersebut bersemangat dalam belajar dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik, kebalikan dengan siswa yang sedang sakit, ia tidak mempunyai gairah dalam belajar (Mudjiono, 2002:98). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 3 Tegal tahun 2016. Manfaat dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sumbangan informasi dan keilmuan yang berarti bagi sekolah dan perorangan yang terkait dengan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu keadaan, peristiwa, objek apakah orang, atau segala sesuatu yang terkait dengan variabel-variebel yang bisa dijelaskan baik dengan angka-angka maupun kata-kata (Punaji Setyosari, 2010). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI TAV SMK Negeri 3 Tegal yang ditunjukkan dari uji simultan dengan uji (F) dan uji regresi sederhana yang diperoleh probabilitas 0,000< 0,05. Dengan adanya motivasi yang terdiri dari cita-cita/aspirasi, kemampuan siswa, kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan kelas, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan upaya guru, maka siswa akan terdorong untuk belajar mencapai sasaran dan tujuan karena yakin dan sadar akan kebaikan tantang kepentingan dan manfaatnya dari belajar. Kepada para guru mata diklat Penerapan Rangkaian Elektronika agar berupaya memahami tentang cara memberikan motivasi diantaranya dengan menumbuhkan kompetisi diantara sesama siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, dan Mata Diklat Penerapan Rangkaian Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 38262 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:09
Last Modified: 16 Apr 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24618

Actions (login required)

View Item View Item