AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi pada Pemerintah Desa di Kabupaten Magelang)

Ibnu Wardana, 7211412171 (2016) AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi pada Pemerintah Desa di Kabupaten Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2625Kb)

    Abstract

    Akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa sangatlah penting. Hal ini menuntut pemerintah desa untuk mengelola keuangan desa secara profesional, efektif dan efisien, serta akuntabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan pemerintah desa dalam mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, maka dilakukan penelitian mengenai pengaruh penyajian laporan keuangan, aksesibilitas laporan keuangan, dan system pengendalian internal terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Subjek penelitian ini adalah pemerintah desa di Kabupaten Magelang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini yaitu dilakukan secara acak dengan teknik sampling random stratifikasi (stratified random sampling). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Sistem pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu lebih meningkatkan pemahaman pemerintah desa terkait dengan aturan-aturan dalam pengelolaan keuangan desa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Pemerintah Desa, Pengelolaan Keuangan, Penyajian Laporan Keuangan, Aksesibilitas, Sistem Pengendalian Internal
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: pkl15 tik 2017
    Date Deposited: 03 Feb 2017 18:09
    Last Modified: 03 Feb 2017 18:09

    Actions (login required)

    View Item