AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi pada Pemerintah Desa di Kabupaten Magelang)


Ibnu Wardana, 7211412171 (2016) AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi pada Pemerintah Desa di Kabupaten Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211412171.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa sangatlah penting. Hal ini menuntut pemerintah desa untuk mengelola keuangan desa secara profesional, efektif dan efisien, serta akuntabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan pemerintah desa dalam mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, maka dilakukan penelitian mengenai pengaruh penyajian laporan keuangan, aksesibilitas laporan keuangan, dan system pengendalian internal terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Subjek penelitian ini adalah pemerintah desa di Kabupaten Magelang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini yaitu dilakukan secara acak dengan teknik sampling random stratifikasi (stratified random sampling). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Sistem pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu lebih meningkatkan pemahaman pemerintah desa terkait dengan aturan-aturan dalam pengelolaan keuangan desa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Pemerintah Desa, Pengelolaan Keuangan, Penyajian Laporan Keuangan, Aksesibilitas, Sistem Pengendalian Internal
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 38268 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:09
Last Modified: 03 Feb 2017 23:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24614

Actions (login required)

View Item View Item