PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DENGAN PENDEKATAN SETS PADA SISWA SMA


Yen Lestari Harahap, 4401412019 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DENGAN PENDEKATAN SETS PADA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Uneversitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401412019.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandangan pembelajaran Kurikulum 2013 adalah agar benar-benar memahami dan dapat menerapkan pengetahuan, maka siswa perlu didorong untuk bekerja memecahkan masalah. Peningkatan pemahaman dan penerapan pengetahuan untuk dapat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi dan permasalahan sehari-hari dapat dicapai dengan pendekatan SETS (Science Environment Technology Society). Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada salah satu guru biologi di SMA Negeri 13 Semarang, diketahui bahwa (1) proses pembelajaran biologi berpusat kepada guru, belum berpusat kepada siswa (2) proses pembelajaran masih kurang dalam hal pengembangan sains (3) penerapan pembelajaran biologi dengan pendekatan SETS belum pernah dilakukan dikembangkan disemua materi biologi (4) hasil belajar siswa materi sistem pertahanan tubuh dapat dikatakan belum tuntas belajar, karena masih banyak siswa memiliki nilai di bawah ≥ 75 (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran biologi materi sistem pertahanan tubuh dengan pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) pada siswa SMA. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan pendekatan One-Shot Case Study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Semarang. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA-1 dan XI MIPA-3. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan berupa data hasil belajar siswa aspek kognitif, afektif, psikomotorik, serta data tanggapan siswa dan guru. Analisis hasil belajar siswa mencapai ketuntasan sebesar ≥ 75%. Hasil belajar siswa aspek kognitif kelas XI MIPA-1 memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 89% sedangkan kelas XI MIPA-3 memperoleh 85% ketuntasan belajar klasikal. Hasil belajar siswa aspek afektif dan psikomotorik kelas XI MIPA-1 dan XI MIPA-3 memperoleh ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan hasil analisis post test dengan uji t one sampel diperoleh hasil t hitung sebesar 7,376. Karena harga t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran biologi materi sistem pertahanan tubuh pada siswa SMA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran biologi materi sistem pertahanan tubuh dengan pendekatan SETS berpengaruh pada hasil belajar siswa di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan SETS, sistem pertahanan tubuh.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 38261 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:08
Last Modified: 16 Apr 2024 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24611

Actions (login required)

View Item View Item