KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS SEMESTER VIII JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMAHAMI PERIFRASIS BAHASA PRANCIS


HIDAYAT PRASETYO , 2301404039 (2009) KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS SEMESTER VIII JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMAHAMI PERIFRASIS BAHASA PRANCIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS SEMESTER VIII JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMAHAMI PERIFRASIS BAHASA PRANCIS]
Preview
PDF (KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS SEMESTER VIII JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMAHAMI PERIFRASIS BAHASA PRANCIS) - Published Version
Download (522kB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan media penyampaian pesan kepada orang lain, baik berupa bahasa yang lugas maupun dalam bentuk kiasan. Bahasa kiasan tersebut sering disebut majas. Salah satu sari jenis majas adalah perifrasis. Perfrasis adalah majas yang menggantikan satu kata dengan beberapa kata yang menunjukkan makna yang sama. Perifrasis digunakan untuk menghindari terjadinya pengulangan sebuah kata, karena sebuah pengulangan dalam berbicara maupun menulis, akan menimbulkan rasa bosan pada pendengar atau pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami perifrasis Bahasa Prancis dan mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis semester VIII Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang dalam memahami perifrasis Bahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 20 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis semester VIII Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang. Metode yang digunakan untuk mengambil data adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai daftar nama dan jumlah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis semester VIII tahun ajaran 2007/2008 yang telah lulus Mata Kuliah Ecrire IV, Traduction I dan Civilisation. Metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan mahasiswa memahami kalimat yang di dalamnya terdapat perifrasis bahasa Prancis. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Sedangkan reliabilitas instrumen digunakan tes ulang. Rumus product-moment digunakan untuk memperoleh angka reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif prosentase dan analisis kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester VIII dalam memahami perifrasis tergolong jelek. Nilai tertinggi 58 dan nilai terendah 30, nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa adalah 48,3 dan mendasarkan kriteria penilaian yang berlaku di UNNES, nilai 48,3 termasuk dalam kategori gagal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa belum mampu memahami kalimat yang di dalamnya terdapat perifrasis bahasa Prancis serta belum mampu memberikan alasan secara tepat atas jawaban yang responden pilih. Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa, berdasarkan analisis peneliti, adalah kesalahan dalam memahami perifrasis tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan mahasiswa dalam hal Sejarah Prancis, Geografi, Mitologi Yunani dan Romawi, Astronomi dan pengetahuan umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, memahami, perifrasis
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 05:38
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item