KEEFEKTIFAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LKS KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI SISTEM KOORDINASI


Pujiasih, 7211409065 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LKS KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI SISTEM KOORDINASI. Under Graduates thesis, Uneversitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401412001.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA N 1 Bawang secara umum masih di- dominasi oleh guru dan belum melibatkan siswa secara aktif. Siswa masih mengalami kesulitan dalam mengaitkan antara struktur dan fungsi serta mekanisme pada materi sistem koordinasi. Hal ini dibuktikan dari hasil ulangan harian materi sistem koordinasi pada Tahun Ajaran 2014/2015 dengan rata-rata 39,16%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran guided discovery berbantuan LKS kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA N 1 Bawang Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas XI IIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Indikator keefektifan model guided discovery berbantuan LKS kontekstual adalah 1) ketuntasan klasikal ≥ 80%, 2) uji t berbeda dan lebih baik, dan 3) hasil uji N-Gain berbeda dan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen 86,11% sedangkan kelas kontrol sebesar 30,56%. Hasil uji t (5,55) menunjukkan rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen berbeda dan lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Uji N-Gain pada kategori tinggi kelas eksperimen lebih baik (61%) dibandingkan dengan kelas kontrol (8%). Berdasarkan analisis kompetensi afektif dan psikomotorik dengan kriteria sangat baik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model guided discovery berbantuan LKS kontekstual efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem koordinasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guided discovery, hasil belajar, LKS kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 38261 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:00
Last Modified: 05 Apr 2024 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item