EFEKTIVITAS PENDALAMAN MATERI MENGGUNAKAN MEDIA EDMODO DAN KONVENSIONAL PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENGANTAR SURVEY PEMETAAN KELAS X TEKNIK GEOMATIKA SMK NEGERI 3 SALATIGA DAN SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Yudho Kuncoro, 5101412012 (2016) EFEKTIVITAS PENDALAMAN MATERI MENGGUNAKAN MEDIA EDMODO DAN KONVENSIONAL PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENGANTAR SURVEY PEMETAAN KELAS X TEKNIK GEOMATIKA SMK NEGERI 3 SALATIGA DAN SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal serta wawancara terhadap siswa SMK Negeri 3 Salatiga Teknik Geomatika yang sudah melaksanakan mata pelajaran Pengantar Survey Pemetaan sub bahasan menerapkan dan mengoperasikan alat sipat datar dan alat sipat ruang, didapat hasil bahwa pemahaman materi masih belum efektif, sehingga perlu adanya sebuah pembelajaran yang inovatif dalam memahami materi yang disampaikan. Penambahan media edmodo dibutuhkan untuk mempermudah pemahaman materi yang lebih inovatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes yang digunakan untuk mendapatkan hasil pemahaman materi siswa setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran edmodo. Subjek penelitian yaitu siswa Teknik Geomatika SMK Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2016/2017. Terdapat dua kelas yakni rombel 1 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah selama 60 menit dan rombel 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode ceramah dengan didampingi media edmodo selama 60 menit, Rincian hasil penelitian adalah nilai rata-rata post test pada kelas kontrol dan eksperimen. Untuk nilai rata-rata post test pada kelas kontrol adalah 73,43 sedangkan pada kelas eksperimen adalah 88,52. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar 14,09 dalam pembelajaran mata pelajaran Pengantar Survey Pemetaan sub bahasan menerapkan dan mengoperasikan alat sipat datar dan alat sipat ruang menggunakan media pembelajaran Edmodo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 38262 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:08
Last Modified: 16 Apr 2024 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24573

Actions (login required)

View Item View Item