PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL POKOK BAHASAN PENGOPERASIAN KAMERA DSLR PADA SISWA KELAS XI SMK N 11 SEMARANG


Mohammad Habiburrahman , 1102412001 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL POKOK BAHASAN PENGOPERASIAN KAMERA DSLR PADA SISWA KELAS XI SMK N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada proses belajar mengajar, guru menggunakan media Lembar Kerja Siswa (LKS) dan lebih sering menjelaskan dengan metode ceramah sehingga proses belajar mengajar tersebut menjadi kurang menarik. Kendala pada proses belajar mengajar pada mata pelajaran komposisi foto digital adalah keterbatasan waktu praktik dan kemampuan siswa dalam memahami istilah dan fungsi tombol pada kamera yang sering digunakan pada dunia fotografi yang masih kurang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkanlah sebuah media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengembangankan media video pembelajaran pada mata pelajaran komposisi foto digital pokok bahasan pengoperasian kamera DSLR pada siswa kelas XI SMK N 11 Semarang. 2) Mengetahui tingkat keektifan media video pembelajaran pada mata pelajaran komposisi foto digital pokok bahasan pengoperasian kamera DSLR pada siswa kelas XI SMK N 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang dimulai dari tahap analisis meliputi analisis metode dalam proses pembelajaran, pengguna, materi, media dan sarana dan prasarana. Tahap kedua yaitu tahap design meliputi design peta materi, penyusunan GBIM, penyusunan naskah, kemudian design penggunaannya. Untuk tahap ketiga adalah tahap development yaitu proses pengembangan naskah menjadi produk sesuai dengan peta materi dan GBIM. Tahap keempat yaitu tahap implementation atau tahap penerapan media video pembelajaran yang telah jadi. Untuk tahap terakhir adalah tahap evaluasi yakni peneliti mengevaluasi kekurangan media video pembelajaran untuk disempurnakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran yang peneliti kembangkan dapat dikatakan layak dan memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi memperoleh nilai 97,3 %, sedangkan untuk ahli media mendapatkan nilai dari aspek effisiensi 85%, aspek tampilan program 74% dan aspek kualitas teknis dan keefektifan sebesar 85%. Untuk hasil produk dan keefektifan oleh siswa sebesar 81,7% yang dinyatakan sangat baik. Hasil uji efektifitas menggunakan Uji t satu sample memperoleh nilai pada α = 5%, dk = 33-1 = 32, diperoleh t tabel = 2,037 dan t hitung = 6,997. Karena nilai t hitung > t tabel maka hipotesis (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran dapat dikatakan efektif untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran apabila disertai dengan alat peraga yang dalam hal ini berupa kamera DSLR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Komposisi Foto Digital, Media, Pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:46
Last Modified: 03 Feb 2017 23:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24570

Actions (login required)

View Item View Item