PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGENAL BINATANG DI RA AL AMIN SRONDOL KULON BANYUMANIK


Ahmad Zaenudin Ari Prabowo, 1102411055 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGENAL BINATANG DI RA AL AMIN SRONDOL KULON BANYUMANIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Pada era modern seperti saat ini bangsa kita di hadapkan dengan era perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat dan pesat yang telah merambah diberbagai sektor bidang kehidupan manusia. Penggunaan media pembelajaran berupa media pembelajaran inter]
Preview
PDF (Pada era modern seperti saat ini bangsa kita di hadapkan dengan era perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat dan pesat yang telah merambah diberbagai sektor bidang kehidupan manusia. Penggunaan media pembelajaran berupa media pembelajaran inter)
Download (3MB) | Preview
Official URL: unnes

Abstract

Pada era modern seperti saat ini bangsa kita di hadapkan dengan era perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat dan pesat yang telah merambah diberbagai sektor bidang kehidupan manusia. Penggunaan media pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif sangat dibutuhkan di tingkat pendidikan untuk anak usia balita khususnya sekolah TK. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui prosedur pengembangan dan efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis flash di RA Al Amin Srondol Kulon Banyumanik. Objek penelitian ini adalah peserta didik RA Al Amin Srondol Kulon Banyumanik. Metode penelitian dan pengembangan media menggunakan ADDIE. Metode pengambilan data menggunakan tes dengan desain eksperimen pretest postest one group design. Analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktid berbasis flash dikembangkan dengan prosedur analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengembangan program MPI mengenal Binatang dikatakan sangat baik dari segi tampilan program, kemudahan penggunaan program, audio pada program, dan animasi pada program dengan ketuntasan dari semua aspek mendapatkan presentase 89% dengan kategori sangat baik. Hasil efektifitas berdasarkan nilai rata-rata belajar peserta didik RA Al Amin Srondol Kulon Banyumanik menunjukkan pretest yaitu 76,75 sedangkan pada posttest yaitu 89,87. Sehingga diperoleh rata-rata perbedaan nilai pretest dan posttest sebesar 13,12 dengan jumlah sampel sebanyak 16 siswa. Media pembelajaran interaktif sebaiknya digunakan dalam proses pembelajaran sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran subtema mengenal hewan, perlunya meningkatkan fasilitas pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, serta saat penggunaan media dalam pembelajaran pengondisian peserta didik sangat diperlukan karena siswa yang semakin aktif dalam penggunaan media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran interaktif, Mengenal biantang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 37576 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:25
Last Modified: 16 Apr 2024 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24568

Actions (login required)

View Item View Item