PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING LEARNING DAN PROBLEM SOLVING MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MATERI KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT SMP NEGERI 39 SEMARANG

Anis Yuli Ismawati , 1102411029 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING LEARNING DAN PROBLEM SOLVING MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MATERI KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT SMP NEGERI 39 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF ( ABSTRAK Ismawati, Anis Y. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Posing Learning Dan Problem Solving Mata Pelajaran IPS Kelas VII Materi Kehidupan Sosial Masyarakat SMP Negeri 39 Semarang. Dosen Pembimbing Drs. Suripto, M.Si Kata Kunci : Prob)
Download (2976Kb)
    Official URL: unnes

    Abstract

    Berdasarkan pengamatan pembelajaran mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 39 Semarang, bahwa hasil dalam pembelajaran IPS di sekolah tersebut diajarkan secara konvensional yaitu dengan metode ekspositori, dimana pembelajaran berpusat pada guru sebagai pemberi informasi. Strategi pembelajaran tidak melibatkan siswa, sehingga sebagian besar siswa dalam mengikuti pembelajaran tidak serius (tidak konsentrasi), tidak memperhatikan guru, sehingga siswa kesulitan untuk memahami materi. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dipilih adalah strategi pembelajaran Problem Posing Learning dan Problem Solving. Setelah strategi tersebut diterapkan akan terlihat seberapa besar persentasi hasil belajar penerapan strategi pembelajaran Problem Posing Learning dan Problem Solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif berbentuk Pre Experimen Design dengan pola One Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII Semester 1 SMP Negeri 39 Semarang. Sedangkan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas VII E dan Kelas VII F yang dipilih dengan Teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket/kuisioner, dokumentasi, dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Problem Solving Learning dan strategi Problem Posing Learning keduanya dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan perolehan persentasi penerapan yang tidak jauh berbeda. Selain itu, diketahui persentase keberhasilan ketuntasan hasil belajar pada penerapan strategi Problem Solving Learning sebesar 37.5% dan keberhasilan ketuntasan penerapan strategi Problem Posing Learning sebesar 43.75 %, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan strategi pembelajaran Problem Solving Learning. Sehubungan dengan adanya kekurangan dan kelemahan dalam penerapan Problem Solving Learning dan Problem Posing Learning dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya strategi tersebut, ada baiknya jika guru lebih memahami lagi tiap-tiap langkah strategi pembelajaran, agar tujuan pembelajaran yang akan dicapai dapat berhasil dengan maksimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Solving, Hasil Belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: Amd Dedeh Teteh
    Date Deposited: 26 Jan 2017 08:57
    Last Modified: 26 Jan 2017 08:57

    Actions (login required)

    View Item