PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK CD INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ALAT INDERA MANUSIA KELAS IV SD NEGERI 1 KEDUNGLEPER KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016


Intana Ardiana, 1102411011 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK CD INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ALAT INDERA MANUSIA KELAS IV SD NEGERI 1 KEDUNGLEPER KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 1 Kedungleper, terdapat kendala dalam pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Nilai IPA siswa yang masih di bawah standar ketuntasan hasil belajar yaitu 75, dan keterbatasan kemampuan guru dalam mengembangkan med] PDF (Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 1 Kedungleper, terdapat kendala dalam pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Nilai IPA siswa yang masih di bawah standar ketuntasan hasil belajar yaitu 75, dan keterbatasan kemampuan guru dalam mengembangkan med)
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: unnes

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 1 Kedungleper, terdapat kendala dalam pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Nilai IPA siswa yang masih di bawah standar ketuntasan hasil belajar yaitu 75, dan keterbatasan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran, menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini. Dari masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran sebagai alat bantu guru (Teaching aids). Metode yang digunakan adalah Reserch and Development (penelitian dan pengembangan) model ADDIE. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan mengumpulkan informasi, menganalisis kebutuhan, mengembangkan instrumen, merancang dan membuat media, penerapan pada pembelajaran, serta dilakukan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk CD Interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA kelas IV. Analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase untuk menguji media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran pokok bahasan Alat Indera Manusia. Hal ini dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi sebesar 84% dinyatakan Layak, sedangkan ahli media untuk aspek media didapat hasil 88% dan untuk aspek tampilan program mendapat hasil 90% serta aspek kualitas teknis didapat 85% dan hasil penilaian oleh siswa untuk aspek tampilan dan keefektifan mendapat nilai 89%. Hasil perhitungan uji t satu sampel untuk ketuntasan siswa. Sampel didapati hasil bahwa pada α = 5 % dengan dk=25-1 = 24 diperoleh t tabel = 2,063. Didapat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, CD Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 37576 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:07
Last Modified: 16 Apr 2024 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24553

Actions (login required)

View Item View Item