PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PEMODELAN DALAM VIDEO COMPACT DISC PADA SISWA KELAS VII-B MTs MISBAHUL FALAH PATI


Sodikin , 2101405656 (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PEMODELAN DALAM VIDEO COMPACT DISC PADA SISWA KELAS VII-B MTs MISBAHUL FALAH PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PEMODELAN DALAM VIDEO COMPACT DISC PADA SISWA KELAS VII-B MTs MISBAHUL FALAH PATI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PEMODELAN DALAM VIDEO COMPACT DISC PADA SISWA KELAS VII-B MTs MISBAHUL FALAH PATI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bercerita adalah aktivitas menyampaikan peristiwa atau kejadian secara lisan dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat yang sering digunakan oleh guru atau pendidik. Keterampilan bercerita tidak datang dengan sendiri, tetapi harus dipelajari dan dilatih secara sungguh-sungguh dan terus-menerus. Peningkatan keterampilan ini tidak hanya seseorang peroleh dari sekolah saja, tetapi dapat diperoleh dari lingkungan masyarakat. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti keterampilan bercerita siswa kelas VII-B MTs Misbahul Falah Batangan Pati rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya latihan bercerita serta strategi yang digunakan guru kurang menarik atau tradisional sehingga siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan bercerita. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, yaitu dengan menggunakan pemodelan bercerita dalam video compact disc diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas VII-B MTs Misbahul Falah. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas VII-B MTs Misbahul Falah Klayusiwalan Pati setelah pembelajaran bercerita melalui pemodelan dalam video compact disc dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII-B MTs Misbahul Falah Klayusiwalan Pati setelah mengikuti pembelajaran bercerita melalui pemodelan dalam video compact disc. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan bercerita siswa kelas VII-B MTs Misbahul Falah Klayusiwalan Pati setelah mengikuti kegiatan pembelajaran bercerita melalui pemodelan dalam video compact disc dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII-B MTs Misbahul Falah Klayusiwalan Pati setelah mengikuti kegiatan pembelajaran bercerita melalui pemodelan dalam video compact disc. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 68. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B MTs Misbahul Falah Klayusiwalan Pati sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan kemampuan bercerita dan penggunaan pemodelan bercerita dalam video compact disc. Pengumpulan data pada tahap prasiklus menggunakan teknik tes, sedangkan pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa kemampuan bercerita siswa melalui pemodelan dalam video compact disc. Teknik nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam pembelajaran bercerita. Pada prasiklus, nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 58,82 dalam kategori kurang. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai ratarata dari prasiklus sebesar 12,11 dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,93. Peningkatan keterampilan bercerita juga terjadi pada siklus II, yaitu nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 83,73 terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 12,8 dan peningkatan dari prasiklus sampai tahap siklus II sebesar 24,91. Pembelajaran bercerita melalui pemodelan dalam video compact disc mampu mengubah perilaku siswa kelas VII-B MTs Misbahul Falah Pati. Siswa yang sebelumnya kurang siap dan kurang aktif dalam pembelajaran menjadi siap dan lebih aktif atau lebih antusias mengikuti pembelajaran. Siswa semakin aktif atau antusias bercerita karena media video compact disc yang berupa rekaman pencerita dapat membantu dan mempermudah siswa dalam menghayati serta mengekspresikan cerita yang berjudul “Boneka Misterius” (terlampir). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia menggunakan pemodelan dalam video compact disc yang berisi rekaman pencerita dalam pembelajaran bercerita dan memberikan latihan kepada siswa dalam bercerita secara teratur. Bagi siswa hendaknya sering berlatih bercerita, agar dapat terampil bercerita dengan baik tanpa merasa takut, malu, dan grogi. Dengan demikian, pembelajaran bercerita akan menjadi menyenangkan. Bagi para peneliti lain dapat melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaraan Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bercerita, pemodelan, dan media video compact disc.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:47
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2455

Actions (login required)

View Item View Item