IDEOLOGI GENDER DALAM KONSTRUKSI KURIKULUM PROGRAM STUDI (Kajian di Program Studi Pendidikan Guru PAUD dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang


Yanuari Dwi Puspitarini , 1102411010 (2015) IDEOLOGI GENDER DALAM KONSTRUKSI KURIKULUM PROGRAM STUDI (Kajian di Program Studi Pendidikan Guru PAUD dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas negeri Semarang.

[thumbnail of 1102411010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Gender merupakan perbedaan perilaku yang dikonstruksikan manusia berdasrkan proses sosial. Atas dasar proses sosial tersebut terbetuklah identifikasi gender, dimana sifat feminim diidentikkan dengan perempuan dan sifat maskulin diidentikkan dengan laki-laki. Identifikasi gender atau penggenderan sudah terjadi dari zaman dahulu. Akibat dari adanya penggenderan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia, terutama untuk kaum perempuan sehingga terjadi bias gender. Penggenderan sangat memojokkan kaum perempuan dalam segala sektor kehidupan dan tidak terkecuali sektor pendidikan. Pendidikan juga tidak lepas dari pandangan bias gender. Pendidikan diselenggarakan dalam berbagai jenjang pendidikan yaitu pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Pada jenjang pendidikan tinggi terdapat beberapa program studi yang diidentikkan dengan gender tertentu karena mayoritas mahasiswanya perempuan atau laki-laki. Pada program studi yang mayoritas mahasiswanya identik dengan salah satu gender terdapat kurikulum yang mengatur proses pembelajaran. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana ideologi gender mempengaruhi mahasiswa dalam memilih program studi, 2) Bagaimana konstruksi kurikulum program studi Pendidikan Guru PAUD sehingga mengesankan identik dengan perempuan dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi mengesankan identik dengan laki-laki. tujuan dari penelitian ini adalah sejauh mana ideology gender mempengaruhi mahasiswa dalam memilih program studi dan bagaimana konstruksi kurikulum yang dikembangkan pada program studi Pendidikan Guru PAUD dan program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Narasumber dari penelitian yang dilaksanakan adalah mahasiswa program studi Pendidikan Guru PAUD dan program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumtasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah ideologi gender tidak berperan secara langsung sebagai alasan dalam pemilihan program studi mahasiswa program studi Pendidikan Guru PAUD dan program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Ideologi gender lebih berpengaruh terhadap pola asuh orang tua yang nantinya akan membentuk karakter anak yang pada akhirnya juga berpengaruh terhadap pemilihan program studi yang diinginkan. Pada konstruksi kurikulum program studi Pendidikan Guru PAUD dan program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi tidak ada unsur bias gender. Konstruksi kurikulum yang diterapkan pada masing-masing program studi disesuaikan dengan disusun sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan dunia kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ideologi Gender, Kurikulum, Program Studi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 37576 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:39
Last Modified: 03 Feb 2017 23:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24549

Actions (login required)

View Item View Item