EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD N PETOMPON 01 KECAMATAN GAJAH MUNGKUR KOTA SEMARANG


Dwi Faquziyyatul Laely , 1102411008 (2016) EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD N PETOMPON 01 KECAMATAN GAJAH MUNGKUR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411008.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013 di SD N Petompon 01 Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang pada aspek: (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam memanajemen pembelajaran dan layanan kesiswaan, (2) Kesiapan guru dalam merencanakan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, (3) Aktivitas Siswa dan (4) kendala-kendala yang dihadapi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang didukung pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan: (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran dan layanan kesiswaan sudah baik karena (2) kesiapan guru dalam merencakan, pelaksanaan dan penilaian sudah terlaksana dengan baik (3) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sudah menekankan pada pembelajaran aktif (4) kendala yang dihadapi yaitu: (a) guru masih kurang memahami penilaian pada kurikulum 2013 dalam merekap penilaian pada rapor, (b) guru belum melaksanakan penilaian uji kompetensi karena belum adanya petunjuk pelaksanaan dan teknis, (c) keterbatasan bertukar informasi kurikulum 2013, dan (d) ada guru yang masih belum bias meninggalkan pembelajaran metode ceramah. Saran dari penelitian ini yaitu (1) kepala sekolah hendaknya membuat program-program pembelajan yang lebih mendukung dalam mencapai tujuan sekolah, (2) kepala sekolah memberi wadah berupa pelatihan supaya kompetensi guru bertambah, (3) kepala sekolah lebih rutin dalam mengevaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah dan (4) guru lebih meningkatkan lagi kompetensi dan kreativitas untuk pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Evaluasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 37576 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:33
Last Modified: 03 Feb 2017 23:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24548

Actions (login required)

View Item View Item