POTRET PEMAHAMAN GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 11 SEMARANG


Ema Rahma Melati , 1102410070 (2015) POTRET PEMAHAMAN GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan hambatan yang dihadapi serta solusi untuk mengatasi hambatan guru sekolah dasar terhadap Kurikulum 2013 yang dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 11 Semarang. Penelitian ini merupakan penelit]
Preview
PDF (Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan hambatan yang dihadapi serta solusi untuk mengatasi hambatan guru sekolah dasar terhadap Kurikulum 2013 yang dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 11 Semarang. Penelitian ini merupakan penelit)
Download (1MB) | Preview
Official URL: unnes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan hambatan yang dihadapi serta solusi untuk mengatasi hambatan guru sekolah dasar terhadap Kurikulum 2013 yang dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 11 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru SD Muhammadiyah 11 Semarang yang melaksanakan Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada subjek penelitian dan melakukan observasi pembelajaran di kelas yang diampunya serta dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar guru SD Muhammadiyah 11 Semarang belum memahami Kurikulum 2013, (2) sebagian besar guru SD Muhammadiyah 11 Semarang belum memiliki pengetahuan cukup untuk memahami secara utuh teoritis Kurikulum 2013 (3) sebagian besar guru SD Muhammadiyah 11 Semarang belum siap melaksanakan Kurikulum 2013 atau belum memahami secara praktis Kurikulum 2013. (4) hambatan yang dihadapi oleh guru dalam memahami Kurikulum 2013 secara teoritis adalah pelatihan yang didapat dirasa belum cukup membekali guru kemudian menjadi hambatan secara praktis dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 guru tidak dapat merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan baik, (3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam memahami Kurikulum 2013 baik secara teoritis maupun praktis antara lain dengan meningkatkan kompetensi diri lewat mengikuti pelatihan, belajar dan menggali informasi dari internet atau sumber yang lebih mengetahui Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemahaman guru, kurikulum 2013
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 37576 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2017 18:52
Last Modified: 24 Jan 2017 18:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24546

Actions (login required)

View Item View Item