DAMPAK TAYANGAN PRIME TIME TERHADAP PERKEMBANGAN INTELEKTUAL DAN MORAL SISWA (STUDY KASUS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAE KUDUS)


Bhakti Satria Pratama , 1102410049 (2015) DAMPAK TAYANGAN PRIME TIME TERHADAP PERKEMBANGAN INTELEKTUAL DAN MORAL SISWA (STUDY KASUS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAE KUDUS). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410049.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Televisi memiliki kelebihan tersendiri yang tidak di miliki oleh media massa lainnya seperti koran dan radio. Adapun jam-jam yang sangat sering dinikmati untuk menonton program acara televisi ialah pada waktu prime time, yaitu dimana pada jam-jam tersebut biasanya banyak kaum pelajar yang memiliki waktu luang dan menggunakannya untuk menonton televisi. Tayangan prime time biasanya pada jam 18.00 – 22.00 setiap harinya. Oleh karena itu banyak sekali dampak positif dan negatif yang di sebabkan tontonan acara yang di saksikan, terutama para pelajar yang sebagian waktunya di habiskan untuk menonton acara yang di sukainya. Adanya tayangan prime time tersebut setiap harinya sangat berpengaruh terhadap perkembangan intelektual dan moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak tayangan prime time terhadap perkembangan intelektual dan moral siswa SMP 1 Bae Kudus khususnya kelas VII, yang di mana adalah tahap berkembangnya pola berpikir dewasa. Penelitian yang di lakukan merupakan penelitian deskriptif sedangkan pendekatannya menggunakan (mixed method) yakni gabungan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak tayangan prime time terhadap perkembangan intelektual Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bae. Hal ini terbukti dengan keseringan siswa menonton televisi pada jam tayang prime time (18.00 – 22.00) mereka cukup mampu memberikan dorongan intelektualitasnya, seperti mereka mampu berpikir secara sistematis, analitis dan kritis, kemampuan logika dalam berpikir serta mereka melihat konsekuensi dari setiap keputusan yang mereka ambil. Hubungan tayangan prime time terhadap perkembangan moral siswa sangat rendah. Hal ini dikarenakan siswa mampu memfilter tayangan yang sifatnya positif dan yang negatif. Sehingga dalam kehidupan bersosialisasi dengan teman sebaya mereka mampu memposisikan sikap mereka

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: prime time, intelektual, moral
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 37576 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:25
Last Modified: 03 Feb 2017 23:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24545

Actions (login required)

View Item View Item