PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN INTRODUCTION KELAS VII DI SMP 1 GEBOG KUDUS


Retnaning Fatichah , 1102410046 (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN INTRODUCTION KELAS VII DI SMP 1 GEBOG KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran yang baik tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru atau sekolah. Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan di SMP 1 Gebog Kudus, ketika guru menyampaikan materi pelajaran di dalam kelas ada mata pelajaran yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi salah satunya mata pelajaran bahasa Inggris pada pokok bahasan introduction. Hal ini disebabkan belum adanya media pembelajaran yang tepat sehingga siswa cepat merasa bosan saat menerima pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan sebuah media pembelajaran sebagai alat bantu guru mengajar (teaching aids) yang menarik serta dapat merangsang minat belajar dan semangat siswa untuk mempelajari bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kelayakan multimedia pembelajaran teaching aids sebagai alternatif media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang lebih difokuskan dengan menggunakan metode ADDIE dalam proses pengembangannya yang dimulai dengan menganalisis kebutuhan, merancang media, membuat media, uji coba ahli, kemudian dilakukan tes hasil belajar siswa. Uji coba produk telah dilakukan kepada guru dan siswa dimana sebelumnya dilakukan kajian oleh ahli materi dan ahli media terhadap produk multimedia pembelajaran teaching aids. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran teaching aids yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak dan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji coba pada guru dan siswa untuk mengetahui tingkat kelayakan media berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif presentase. Hasil checklist yang dilihat dari 2 aspek yaitu desain pembelajaran dan komunikasi visual, menunjukan multimedia pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase dalam desain pembelajaran, guru 88% dan siswa 87%. Sedangkan dari segi aspek komunikasi visual, guru memberikan nilai sebesar 87% dan siswa 89%. Menghadapi perkembangan pendidikan yang saat ini sudah berbasis teknologi, sebaiknya guru harus membekali dirinya lebih baik lagi supaya bisa memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran yang menarik agar tercipta suasana belajar yang lebih menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari mata pelajaran yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Multimedia, Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Introduction
Subjects: UNSPECIFIED
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 37576 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:52
Last Modified: 03 Feb 2017 23:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24544

Actions (login required)

View Item View Item