PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK MENJELMA SESUATU DENGAN BERMEDIAKAN KARTU PETUNJUK PADA SISWA KELAS VIII SMP IT BINA INSANI KOTA SEMARANG
Ira Damayanti, 2101411037 PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK MENJELMA SESUATU DENGAN BERMEDIAKAN KARTU PETUNJUK PADA SISWA KELAS VIII SMP IT BINA INSANI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP IT Bina Insani Kota Semarang, diketahui bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Selain itu, hasil prasiklus siswa kelas VIII baik putra maupun putri juga masih menunjukkan nilai rata-rata yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Permasalahan yang dialami siswa dalam menulis puisi yaitu siswa masih mengalami kesulitan dalam berimajinasi, siswa masih bingung dalam mengawali menuliskan gagasannya, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengekspresikan perasaannya dalam bentuk puisi, serta siswa masih mengalami kesulitan dalam memilih diksi yang tepat. Selain itu, guru juga masih belum menemukan metode/teknik pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam menulis puisi. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, peneliti memilih teknik menjelma sesuatu dengan bermediakan kartu petunjuk sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan dalam menulis puisi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan teknik menjelma sesuatu dengan bermediakan kartu petunjuk pada siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Kota Semarang; (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik menjelma sesuatu dengan bermediakan kartu petunjuk pada siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Kota Semarang; dan (3) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Kota Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik menjelma sesuatu dengan bermediakan kartu petunjuk. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan teknik menjelma sesuatu dengan bermediakan kartu petunjuk pada siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Kota Semarang; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik menjelma sesuatu dengan bermediakan kartu petunjuk pada siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Kota Semarang; dan (3) mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Kota Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik menjelma sesuatu dengan bermediakankartu petunjuk. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus dalam penelitian ini terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini iii adalah siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Kota Semarang, kemudian yang menjadi objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik menjelma sesuatu dengan bermediakan kartu petunjuk. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel keterampilan menulis puisi, variabel penggunaan teknik menjelma sesuatu, dan variabel penggunaan media kartu petunjuk. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berupa tes unjuk kerja dan nontes yang berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik menjelma sesuatu dengan bermediakan kartu petunjuk dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan pada aspek kesiapan siswa sebesar 19,04% pada kelas putri dan 27,28% pada kelas putra, aspek keaktifan siswa sebesar 14,28% pada kelas putri dan 18,19% pada kelas putra. Nilai rata-rata kelas hasil tes keterampilan menulis puisi yang dicapai siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Kota Semarang pada siklus II juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pada tahap siklus I kelas putri yang mencapai 73,71 mengalami peningkatan sebesar 6,19 menjadi 79,9 pada siklus IIdan nilai rata-rata pada tahap siklus I kelas putra yang mencapai 75,82 mengalami peningkatan sebesar 4,82 menjadi 80,64 pada siklus II. Perilaku siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik dengan persentase peningkatan rata-rata sebesar 17,86% pada kelas putri dan 22,73% pada kelas putra. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran kepada guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menerapkan teknik dan media yang tepat yang dapat membuat siswa menjadi lebih antusias, senang, dan termotivasi untuk belajar, sehingga hal tersebut menjadikan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Teknik menjelma sesuatu dengan bermediakan kartu petunjuk dapat digunakan guru sebagai tindakan alternatif yang dapat diterapkan dalam membelajarkan keterampilan menulis puisi pada siswa. Para peneliti di bidang pendidikan khususnya pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, dapat melakukan penelitian lanjutan terkait upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi baik melalui model, strategi, metode, maupun media sehingga menambah alternatif tindakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | UNSPECIFIED |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 37576 not found. |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 03:08 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 03:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24540 |
Actions (login required)
View Item |