DETERMINAN KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DENGAN KONSEP FRAUD TRIANGLE


Maksum Fuadi, 7101412366 (2016) DETERMINAN KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DENGAN KONSEP FRAUD TRIANGLE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412366.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecurangan akademik mahasiswa merupakan suatu tindakan tidak jujur melanggar etika dalam lingkup akademik yang dilakukan oleh mahasiswa dan merugikan pihak lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana konsep fraud triangle yang terdiri dari tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2013, 2014, dan 2015 sebanyak 2939 mahasiswa. Penentuan ukuran sampel digunakan rumus Slovin dan didapat sampel 353 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik proportional random sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kecurangan akademik, dan variabel independennya adalah tekanan akademik, kesempatan berbuat kecurangan, dan rasionalisasi berbuat kecurangan. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan akademik, kesempatan berbuat kecurangan, dan rasionalisasi berbuat kecurangan berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik, tekanan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik, kesempatan berbuat kecurangan berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik, rasionalisasi berbuat kecurangan berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik. Disimpulkan konsep fraud triangle yang terdiri dari tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi secara simultan maupun secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Saran yang dapat diberikan bagi fakultas dan dosen adalah:1) menciptakan kondisi yang tidak banyak menuntut dan memberikan beban mahasiswa, 2) memperkecil kesempatan yang dapat membuat mahasiswa mudah melakukan kecurangan dengan cara memberikan pengawasan dan menindak tegas pelaku kecurangan akademik, 3)memperkecil rasionalisasi yang dimiliki mahasiswa dengan cara memberikan pemahaman tentang pentingnya nilai kejujuran dalam kehidupan. Bagi mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran akan nilai penting kejujuran dalam memperoleh hasil yang baik. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat memperbanyak variabel penelitian dan ruang lingkup sampel yang tidak hanya mahasiswa satu fakultas melainkan satu universitas maupun beberapa universitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecurangan, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Fraud, Pressure, Opportunity, Rationalization
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:22
Last Modified: 03 Feb 2017 23:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24526

Actions (login required)

View Item View Item