EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD BERBASIS QUANTUM TEACHING BERBANTUAN LKS PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KETUNTASAN BELAJAR FISIKA


Elynawati , 4201404053 (2009) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD BERBASIS QUANTUM TEACHING BERBANTUAN LKS PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KETUNTASAN BELAJAR FISIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD BERBASIS QUANTUM TEACHING BERBANTUAN LKS PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KETUNTASAN BELAJAR FISIKA]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD BERBASIS QUANTUM TEACHING BERBANTUAN LKS PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KETUNTASAN BELAJAR FISIKA) - Published Version
Download (532kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa agar memperoleh hasil pembelajaran yang optimal, karena dengan adanya kekurangan kemampuan tersebut proses pembelajaran lebih lanjut akan terganggu. Pada tahun pelajaran 2007/2008, nilai rata-rata siswa SMP Negeri 1 Tembarak Temanggung pada mata pelajaran Fisika materi pokok bunyi adalah 57,6 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal 55%. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi tersebut masih jauh dibandingkan dengan kompetensi kelulusan minimal yang berlaku pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Untuk meningkatkan pemahaman konsep dan ketuntasan belajar fisika siswa, peneliti menggunakan model pembelajaran tipe STAD berbasis Quantum Teaching berbantuan LKS. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran tipe STAD berbasis Quantum Teaching berbantuan LKS pada pemahaman konsep dan ketuntasan belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tembarak Temanggung. Model pembelajaran tipe STAD berbasis Quantum Teaching merupakan penggabungan model pembelajaran tipe STAD dan Quantum Teaching dimana dalam model pembelajarannya terdapat suatu pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa untuk bekerja dalam tim, didukung oleh berbagai variasi pengelolaan kelas seperti yang terdapat dalam konsep pembelajaran Quantum Teaching yang menkonsentrasikan berbagai interaksi dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat belajar secara mudah dan alami.. Model ini merupakan penerapan model pembelajaran yang efektif dengan pembentukan kelompok yang heterogen, pengoptimalan tanggung jawab tim dalam upaya mengoptimalkan, mempercepat dan menghilangkan hambatan-hambatan yang ada ketika proses pembelajaran berlangsung, serta pengakuan terhadap kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes yang mengukur ketuntasan belajar fisika siswa dan tes pemahaman konsep fisika, metode dokumentasi untuk memperoleh informasi awal tentang obyek penelitian dan metode observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan penggunaan model pembelajaran STAD berbasis Quantum Teaching dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata tes pemahaman konsep fisika siswa pada siklus 1 adalah 76,81 dengan ketuntasan belajar klasikal untuk tes pemahaman konsep fisika adalah 84,61% dan pada siklus 2 rata-rata nilai tes pemahaman konsep fisika siswa 81,69 dengan ketuntasan belajar klasikal untuk tes pemahaman konsep fisika adalah 97,46%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep fisika siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Begitu juga dengan hasil penelitian terhadap ketuntasan belajar fisika siswa, diperoleh adanya peningkatan pada siklus 1 ke siklus 2. Hal ini ditunjukkan dari ketuntasan belajar fisika siswa pada siklus 1 adalah 69,23% dan pada siklus 2 adalah 87,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berbasis Quantum Teaching berbantuan LKS efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan ketuntasan belajar fisika siswa SMP Negeri 1 Tembarak Temanggung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD Berbasis Quantum Teaching, LKS, Pemahaman Konsep, Ketuntasan Belajar Fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:05
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2452

Actions (login required)

View Item View Item