STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KEJAMBON 01 DAN 08 KOTA TEGAL


Vianida Etyarisky , 1401412547 (2016) STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KEJAMBON 01 DAN 08 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KEJAMBON 01 DAN 08 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KEJAMBON 01 DAN 08 KOTA TEGAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru masih menggunakan model konvensional yang meliputi ceramah, tanya jawab, penugasan, kerja kelompok sederhana, dan praktik. Tetapi untuk materi Struktur Bumi dan Matahari, karakteristik materinya yaitu lebih menekankan siswa untuk menghafal materi. Sehingga untuk kegiatan praktikum sederhana kurang bisa diterapkan dalam pembelajaran. Penerapan pembelajaran konvensional akan membuat siswa jenuh dan mengakibatkan kualitas belajar siswa tidak optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang efektif untuk mengoptimalkan hasil belajar IPA. Contoh model pembelajaran yang efektif terhadap hasil belajar IPA kelas V yaitu model pembelajaran aktif tipe True or False dan Index Card Match. Belum diketahui model pembelajaran manakah yang lebih efektif terhadap hasil belajar IPA diantara True or False dan Index Card Match. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran mana yang paling efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kejambon 01 dan 08 Kota Tegal pada materi Struktur Bumi dan Matahari. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Kejambon 01 dan 08 sebagai kelas eksperimen serta siswa kelas V SD Negeri Slerok 05 sebagai kelas kontrol. Jumlah populasi sebanyak 99 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas V SD Negeri Kejambon 01, 30 siswa kelas V SD negeri Kejambon 08, dan 36 siswa kelas V SD Negeri Slerok 06. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh di mana seluruh anggota populasi terlibat dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi studi dokumenter, wawancara tidak terstruktur, dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji Anova dengan uji lanjut Tukey HSD dan Bonferroni. Uji lanjut berfungsi untuk menganalisis perbedaan antar kelas. Uji Tukey HSD dan Bonferroni menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antar kelas. Adapun dari analisis hasil belajar diperoleh ratarata nilai kelas eksperimen 1 sebesar 80, kelas eksperimen 2 sebesar 83, dan kelas kontrol sebesar 70. Uji Tukey dan Bonferroni menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, akan tetapi tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan 2. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran True or False dan Index Card Match sama-sama efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model pembelajaran True or False, model pembelajaran Index Card Match
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:48
Last Modified: 03 Feb 2017 23:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24514

Actions (login required)

View Item View Item