PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-DABIN I KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO

Doni Fitrian Sulistyanto , 1401412539 (2016) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-DABIN I KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-DABIN I KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO)
Download (3640Kb)

    Abstract

    Keberhasilan guru dalam proses pembelajaran akan terlihat dalam bentuk prestasi belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya yaitu kedisiplinan dan perhatian orang tua. Perbedaan kedisiplinan dan perhatian orang tua pada tiap-tiap siswa memunculkan prestasi belajar yang berbeda-beda pula, seperti halnya kedisiplinan dan prestasi belajar kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Dabin I Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Dabin I Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 133 siswa sekolah dasar. Variabel pada penelitian ini meliputi, kedisiplinan siswa (X1), perhatian orang tua (X2) dan prestasi belajar (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 1 00 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda (R), analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F), dan analisis determinasi (R2). Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian yaitu dari hasil analisis data, menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa, terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dan terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya sumbangan pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar adalah 16,7%. Besarnya sumbangan pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar adalah 18,6%. Besarnya sumbangan pengaruh kedisiplinan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar adalah 23,8%. Hal ini menunjukkan bahwa 23,8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kedisiplinan dan perhatian orang tua, sedangkan 76,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya memperhatikan dan meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang lebih optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan; Perhatian Orang Tua; Prestasi Belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 03 Feb 2017 18:40
    Last Modified: 03 Feb 2017 18:40

    Actions (login required)

    View Item