STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARAREJA 02 TEGAL

Ike Yana Sari , 1401412534 (2016) STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARAREJA 02 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARAREJA 02 TEGAL)
Download (6Mb)

    Abstract

    Pembelajaran PKn di SD biasanya masih menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga tidak memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk mengkontruksikan pengetahuannya. Pembelajaran yang baik adalah yang mampu mengaktifkan siswa dan hasil belajar optimal. Proses pembelajaran yang demikian dapat terwujud melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif, seperti talking stick dan snowball throwing. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang relevan, menunjukkan bahwa model pembelajaran talking stick dan snowball throwing efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn. Kedua model pembelajaran tersebut baik, namun belum dapat diketahui mana model pembelajaran yang lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran talking stick dan snowball throwing terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Muarareja 02 Tegal pada materi Globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Muarareja 02 Tegal sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari 05 Tegal sebagai kelas konvensional. Jumlah populasi sebanyak 98 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas IVA dan 34 siswa kelas IVB SD Negeri Muarareja 02, serta 32 siswa kelas IV Tegalsari 05 Tegal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melipuri studi dokumenter, tes, dan observasi. Pada analisis akhir menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji Manova dengan uji lanjut LSD. Tingkat keefektifan model pembelajaran menggunakan uji one sample t-test. Hasil uji LSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan konvensional. Uji perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 dapat dilihat dari nilai sig < 0,05 (0,017 < 0,05 dan 0,06 < 0,05), maka Ho ditolak. Jadi, antara kelas eksperimen 1 berbeda dengan kelas eksperimen 2. Selanjutnya, dilakukan uji keefektifan di ketiga kelas. Uji keefektifan aktivitas dan hasil belajar di kelas eksperimen 1 dan 2 menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,110 > 1,692) dan thitung > ttabel (3,616 > 1,692), maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran talking stick lebih efektif dibanding model pembelajaran snowball throwing terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD materi Globalisasi. Disarankan bagi kepala sekolah dan dinas pendidikan terkait supaya memberikan dorongan bagi guru-guru untuk menerapkan pembelajaran kooperatif agar siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar menjadi lebih optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Snowball Throwing; Talking Stick
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 03 Feb 2017 18:48
    Last Modified: 03 Feb 2017 18:48

    Actions (login required)

    View Item