PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-MOTIVATED LEARNING DENGAN TEKNIK BELAJAR MASTER-PLAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN PELAJARAN 2008/2009


Alfiyah Iriyanti Sulistyaningsih , 3101405006 (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-MOTIVATED LEARNING DENGAN TEKNIK BELAJAR MASTER-PLAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-MOTIVATED LEARNING DENGAN TEKNIK BELAJAR MASTER-PLAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN PELAJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-MOTIVATED LEARNING DENGAN TEKNIK BELAJAR MASTER-PLAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar sejarah sering kali disebabkan karena kurangnya minat dan kesadaran siswa dalam belajar. Siswa memerlukan adanya semangat dan motivasi untuk belajar. Dalam proses pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Karangrayung siswa terlihat kurang aktif dalam proses bembelajaran walaupun guru sudah menggunakan model pembelajaran individual group. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran siswa untuk meminjam dan membaca bahan pelajaran yang ada, sehingga siswa tergantung LKS dan penjelasan guru. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus dapat meningkatkam motivasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Self-Motivated Learning dengan teknik belajar Master-Plan dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Karangrayung tahun pelajaran 2008/2009 dan apakah penerapan model pembelajaran Self- Motivated Learning dengan teknik belajar Master-Plan dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Karangrayung tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Self-Motivated Learning dengan teknik belajar Master-Plan dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Karangrayung tahun pelajaran 2008/2009 dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Self-Motivated Learning dengan teknik belajar Master-Plan dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Karangrayung tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Karangrayung yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini merupakan kolaborasi antara guru dengan peneliti. Pengambilan data dilakukan lewat observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskripsi prosentase. Sedangkan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Self-Motivated Learning dengan teknik belajar Master-Plan. Model pembelajaran Self-Motivated Learning mempunyai tiga tahapan yaitu pengembangan motivasi, pembelajaran dan refleksi. Teknik belajar Master-Plan sendiri adalah tahapan pembelajaran yang terdiri dari: tumbuhkan motivasi, kumpulkan informasi, temukan makna, kuncilah fakta dalam memori, tunjukkan kepada orang lain, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 71.63 dengan ketuntasan belajar 78.26%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 74.35 dengan ketuntasan belajar mencapai 93.48%, dibandingkan dengan sebelum diadakan penelitian (prasiklus) sebesar 65.26 dengan ketuntasan belajar mencapai 58.70%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat yang dibuktikan dengan adanya kemandirian dan keaktifan siswa dalam belajar sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Self-Motivated Learning dengan teknik belajar Master-Plan dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Karangrayung tahun pelajaran 2008/2009, selain itu model pembelajaran tersebut juga dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Karangrayung tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Self-Motivated Learning, Teknik Belajar Master-Plan
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 03:55
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item View Item