PERAN PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA DI SD NEGERI SLEROK 4 KOTA TEGAL


Karifa Heryudita , 1401412533 (2016) PERAN PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA DI SD NEGERI SLEROK 4 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA DI SD NEGERI SLEROK 4 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PERAN PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA DI SD NEGERI SLEROK 4 KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni tari mempunyai peran dalam pengembangan kemampuan motorik, karena substansi dasar dalam pembelajaran seni tari adalah gerak, dan gerak merupakan unsur utama dalam perkembangan kemampuan motorik. Akan tetapi, kenyataan di lapangan, jarang sekolah dasar yang melaksanakan pembelajaran seni tari, hanya satu sekolah yang melaksanakan. Pembelajaran seni tari perlu diajarkan pada tingkat sekolah dasar karena mempunyai manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa, salah satunya berperan untuk mengasah kemampuan motorik. SD Negeri Slerok 4 Kota Tegal melaksanakan pembelajaran seni tari, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran tentang pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik; (2) mengetahui peran pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik; (3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru seni tari, guru kelas, dan siswa. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan informan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru seni tari, guru kelas, dan siswa SD Negeri Slerok 4 Kota Tegal. Data sekunder diperoleh dari arsip resmi SD Negeri Slerok 4 Kota Tegal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawacara, kajian dokumen, dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan motorik siswa dapat dikembangkan dengan menari, baik itu kemampuan motorik kasar maupun kemampuan motorik halus. Peran seni tari terlihat pada proses dan tahap pelaksanaan pembelajaran tari. Setiap tahap dalam pembelajaran seni tari memberikan andil yang berbeda-beda dalam perkembangan motorik siswa. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik, meliputi sumber daya manusia, sarana prasarana, kondisi lingkungan, kondisi fisik siswa, jenis kelamin, motivasi, dan bakat. Masing-masing faktor memiliki peran yang berbeda-beda untuk mengembangkan kemampuan motorik siswa. Siswa laki-laki maupun siswa perempuan dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar dan kemampuan motorik halus dengan pembelajaran seni tari. Saran bagi pihak guru kelas sebaiknya lebih menambah pengetahuan tentang seni dan pihak sekolah menyelenggarakan pelatihan pendidikan seni untuk guru kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik; Pembelajaran Seni Tari; Peran Seni Tari.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:46
Last Modified: 03 Feb 2017 23:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24509

Actions (login required)

View Item View Item