KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI KEPANDEAN 03 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL

Arista Rahmayanti , 1401412531 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI KEPANDEAN 03 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI KEPANDEAN 03 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL)
Download (2844Kb)

    Abstract

    IPA merupakan usaha manusia memahami alam semesta melalui pengamatan yang tepat pada sasaran, serta menggunakan prosedur, dan dijelaskan dengan penalaran sehingga mendapatkan suatu kesimpulan. Untuk menumbuhkan minat pada pembelajaran IPA, diperlukan strategi pembelajaran sehingga siswa menjadi tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat siswa yaitu penggunaan media video. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video terhadap minat dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA SD Negeri Kepandean 03. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Kepandean 03 Tegal tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 26 di kelas eksperimen dan 30 di kelas kontrol Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach‟s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene‟s test untuk uji homogenitas, dan independent samples t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji hipotesis data minat belajar siswa menggunakan independent samples t test, data minat belajar siswa menunjukkan bahwa thitung >ttabel (5.480 > 2.005) dengan signifikansi = 0,00. Sedangkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung >ttabel (4.107 > 2.005) dan signifikasi 0.00 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media video dan yang menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil pengujian keefektifan dengan menggunakan one sample t test, diperoleh data minat belajar siswa menunjukkan bahwa thitung >ttabel (7.931 > 2.060) dengan signifikansi = 0,00. Sedangkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung >ttabel (5.603 > 2.005) dan signifikasi 0.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Minat dan hasil belajar, pembelajaran IPA, dan media video.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 03 Feb 2017 18:36
    Last Modified: 03 Feb 2017 18:36

    Actions (login required)

    View Item