ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR SEKBIN III KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


Dewi Pusparini , 1401412524 (2016) ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR SEKBIN III KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR SEKBIN III KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR SEKBIN III KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES)
Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni musik di sekolah dasar termuat dalam mata pelajaran SBK (KTSP) dan SBdP (Kurikulum 2013). Pembelajaran ini menitikberatkan pada keterampilan seni yang dimiliki siswa, khususnya seni musik. Pembelajaran seni musik diberikan di sekolah dasar karena keunikannya yang tak dapat diemban oleh mata pelajaran lain. Pada pembelajaran seni musik terdapat tiga kegiatan pokok, yaitu bernyanyi, bermain musik, dan apresiasi karya musik. Keunikan pembelajaran ini menyebabkan guru harus mampu mengajarkan materi seni musik kepada siswa sesuai dengan konsep musik yang berlaku. Pembelajaran seni musik di sekolah, khususnya sekolah dasar memerlukan peran guru yang signifikan agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam pembelajaran seni musik di sekolah dasar Sekbin III Kecamatan Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Variabel penelitian ini yaitu peran guru dalam pembelajaran seni musik dengan lima indikator, yaitu guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai evaluator. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru kelas di sekolah dasar Sekbin III Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes yang berjumlah 47 guru, meliputi SD Negeri Brebes 03, SD Negeri Brebes 08, SD Negeri Brebes 09, SD Negeri Brebes 10, SD Negeri Brebes 14, SD Negeri Pulosari 01, dan SD Negeri Pulosari 02. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Berdasarkan analisis statistik deskriptif persentase menunjukkan bahwa secara umum guru dalam melaksanakan pembelajaran seni musik berada pada kategori sedang. Hasil penghitungan dari 47 responden, diperoleh mean 94,77 berada di interval 66-99, sehingga termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dari lima indikator peran guru, indikator guru sebagai demonstrator, pengelola kelas dan mediator berada pada kategori tinggi. Indikator lain yaitu guru sebagai fasilitator dan evaluator berada pada kategori sedang. Oleh karena itu, diharapkan para guru untuk lebih menambah wawasannya mengenai musik, baik teori maupun praktik, sehingga guru dapat melaksanakan perannya dalam pembelajaran seni musik secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Peran Guru, Seni Musik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:10
Last Modified: 03 Feb 2017 23:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item View Item