PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Muhammad Yunus Anis , 1401412523 (2016) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja sangat penting dalam menentukan kualitas kerja seseorang, termasuk seorang guru. Kinerja guru tidak akan mencapai hasil maksimal tanpa adanya faktor yang mempengaruhi. Sedikitnya terdapat sepuluh faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Kesepuluh faktor tersebut adalah dorongan untuk bekerja, tanggung jawab terhadap tugas, minat terhadap tugas, penghargaan atas tugas, peluang untuk berkembang, perhatian dari kepala sekolah, hubungan interpersonal dengan sesama guru, MGMP dan KKG, kelompok diskusi terbimbing, dan layanan perpustakaan. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor dorongan untuk bekerja, minat terhadap tugas, perhatian dari kepala sekolah, dan kelompok diskusi terbimbing yang berkaitan dengan motivasi kerja guru dan supervisi akademik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh supervisi akademik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sekolah dasar se-Dabin I Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 guru sekolah dasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 85 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersamasama (Uji F). Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik terhadap kinerja guru SD se-Dabin I Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD se-Dabin I Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD se-Dabin I Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal; (4) Besarnya sumbangan pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru adalah 38,8%; (5) Besarnya sumbangan pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru adalah 51,3%; (6) Besarnya sumbangan pengaruh supervisi akademik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru adalah 57,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik; Motivasi Kerja Guru; Kinerja Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2017 23:45
Last Modified: 03 Feb 2017 23:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24505

Actions (login required)

View Item View Item