PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEDISIPLINAN GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI

Emalia Fitriani , 1401412505 (2016) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEDISIPLINAN GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEDISIPLINAN GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI)
Download (3327Kb)

    Abstract

    Guru yang disiplin dalam melaksanakan tugas, akan menjadi sarana tercapainya keefektifan kerja sehingga tujuan penyelenggaraan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara optimal. Kedisiplinan guru dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru sekolah dasar Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati; (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kedisiplinan guru sekolah dasar Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati; (3) mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kedisiplinan guru sekolah dasar Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar Gugus Diponegoro dan Gugus Ki Hajar Dewantara yang berjumlah 95 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 77 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru sekolah dasar Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati dengan kontribusi 25,3%; (2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kedisiplinan guru sekolah dasar Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati dengan konstribusi 15%; (3) ada pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kedisiplinan guru sekolah dasar Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati dengan kontribusi 27,5%. Saran yang diajukan yaitu: (1) kepala sekolah agar lebih meningkatkan gaya kepemimpinan yang digunakan; (2) motivasi kerja guru perlu ditumbuhkan; dan (3) kedisiplinan guru perlu ditingkatkan khususnya dengan menerapkan sanksi yang berlaku bagi yang melanggar ketentuan-ketentuan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan kepala sekolah; motivasi kerja; kedisiplinan guru
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 12:26
    Last Modified: 08 Dec 2016 12:26

    Actions (login required)

    View Item