PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DAERAH BINAAN II KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL


Ismi Kamaliyah , 1401412501 (2016) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DAERAH BINAAN II KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412501.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah menjadi salah satu faktor internal dan eksternal yang dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Seseorang yang memiliki kebiasaan belajar yang baik dan didukung oleh lingkungan sekolah yang kondusif akan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Semakin baik kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah, maka akan semakin baik pula prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa; (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa; dan (3) pengaruh kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 316 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 177 siswa. Variabel penelitian ini adalah kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 20. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi berganda, analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 21,9%; (2) terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 30%; dan (3) terdapat pengaruh signifikan kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah secara bersama terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 34%. Hasil penelitian ini hendaknya dapat menjadi informasi dan masukan kepada sekolah dan guru agar dapat membentuk kebiasaan belajar yang baik pada siswa dan meningkatkan kemampuan dalam menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif untuk proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan belajar; lingkungan sekolah; prestasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 17:27
Last Modified: 08 Dec 2016 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24501

Actions (login required)

View Item View Item