KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI BELAJAR DIENES TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL
Marcellina Elen Septianti , 1401412495 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI BELAJAR DIENES TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI BELAJAR DIENES TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang memuat materi berupa konsep yang sifatnya abstrak. Karena keabstrakannya matematika relatif tidak mudah dipahami siswa sekolah dasar pada umumnya. Diantara sekian banyak materi matematika, salah satu yang menjadi kendala bagi siswa yaitu pecahan senilai. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, Peneliti berinisiatif mengujikan sebuah model pembelajaran berbasis teori belajar Dienes yang menekankan pembelajaran pada permainan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Bentuk desain penelitian dari Quasi Experimental Design yang akan digunakan oleh Peneliti yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Besaran sampel yang digunakan sebanyak jumlah populasinya. Kelas IV B dijadikan kelas eksperimen, sedangkan Kelas IV A dijadikan kelas kontrol. Adapun uji coba instrumen dilakukan di kelas IV SDN Kraton 1 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitan menggunakan uji perbedaan dan keefektifan model. Berdasarkan hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa menggunakan independent samples t test diperoleh data thitung = 11,041 dengan signifikansi = 0,000 dan ttabel = 2,015. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (11,041 > 2,015), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran berbasis teori Dienes dan yang menggunakan model konvensional. Hasil pengujian keefektifan model dengan menggunakan one samples t test, diperoleh data thitung = 7,417 dan harga ttabel = 2,069 (thitung > ttabel), maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis teori belajar Dienes efektif terhadap aktivitas belajar siswa. Sedangkan untuk uji hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan independent samples t test diperoleh data thitung = 2,089 dengan signifikansi = 0,042 dan ttabel = 2,011. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,089 > 2,011), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran berbasis teori Dienes dan yang menggunakan model konvensional. Hasil pengujian keefektifan model dengan menggunakan one samples t test, diperoleh data thitung = 1,499 dan harga ttabel = 2,069 (thitung < ttabel), maka dapat disimpulkan pembelajaran berbasis teori Dienes tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis teori Dienes hanya efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori Belajar Dienes, matematika, pecahan, aktivitas, hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 17:26 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 17:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24500 |
Actions (login required)
View Item |