Keefektifan Penggunaan CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA N 12 Semarang.


Qori Ida Maulida , 3301405618 (2011) Keefektifan Penggunaan CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA N 12 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA N 12 Semarang.]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA N 12 Semarang.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah diharapkan mampu menciptakan kondisi belajar yang mengarahkan siswa melakukan aktifitas belajar secara efektif dan efisien. Kualitas pendidikan yang baik akan terwujud jika proses pembelajaran terlaksana dengan baik juga. Proses pembelajaran yang merupakan inti dalam pendidikan merupakan proses yang dibangun agar para siswa dapat mentransfer pengetahuan. Pembelajaran yang baik ditandai oleh aspek-aspek pengiring yang mengarah pada tujuan yang akan dicapai. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, diketahui bahwa hasil belajar siswa di SMAN 12 Semarang Sebesar 54,26 % siswa Kelas XI IPS belum tuntas, yaitu dibawah rata-rata 61,00. Penggunaan CD Interaktif diambil untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran untuk merubah kondisi siswa dari ranah kognitif dapat tercapai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 12 Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas Xi IPS 2 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah CD interaktif sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan uji normalitas diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan setelah dilakukan uji homogenitas diperoleh kedua sampel homogen. Uji hipotesis digunakan uji banding dua sampel (Independent Sample T-Test) dengan taraf nyata 0,05.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan CD interaktif dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan metode ekspositori. Jadi disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dikenai pembelajaran menggunakan CD interaktif lebih baik daripada hasil belajar siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran ekonomi hendaknya berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa akan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Interaktif, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 May 2011 03:37
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2450

Actions (login required)

View Item View Item