ANALISIS USAHA MOTIVASI GURU TARI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS III SD NEGERI DEBONG LOR KOTA TEGAL


Siti Damayanti , 1401412493 (2016) ANALISIS USAHA MOTIVASI GURU TARI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS III SD NEGERI DEBONG LOR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS USAHA MOTIVASI GURU TARI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS III SD NEGERI DEBONG LOR KOTA TEGAL]
Preview
PDF (ANALISIS USAHA MOTIVASI GURU TARI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS III SD NEGERI DEBONG LOR KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni tari yang diselenggarakan di sekolah dasar bertujuan agar siswa mengalami belajar menari yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan kodrat kejiawaan, sehingga secara kreatif tubuh sebagai alat ekspresi dari gerak tari mampu mengungkapkan dan menggambarkan imajinasi pada diri seorang penari. Melalui pembelajaran seni tari siswa diharapkan memiliki keterampilan, pengetahuan dan pengertian tentang seni tari untuk mengembangkan keterampilannya di masyarakat. Pelaksanaan pembelajaran seni tari di sekolah dasar harus disesuaikan dengan karakteristik siswa, agar siswa tidak mengalami suasana kebosanan yang mengakibatkan terhalangnya perkembangan kreatifitasnya dan hasil belajar yang didapatkan siswa, sehingga diperlukan usaha guru untuk memotivasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SD Negeri Debong Lor Kota Tegal, guru seni tari SD Negeri Debong Lor Kota Tegal, dan siswa kelas III SD Negeri Debong Lor Kota Tegal yang ditentukan melalui teknik Purposif untuk pengambilan sample. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman, sedangkan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan uji Confirmability. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil bahwa usaha yang dilakukan guru seni tari SD Negeri Debong Lor Kota Tegal untuk memotivasi siswa kelas III SD Negeri Debong Lor Kota Tegal sebagai berikut: (1) menggunakan metode ceramah dan model pembelajaran Direct Intruction,(2) media pembelajaran audio dan audio visual, dan (3) cerita pengalaman pribadi. Bentuk motivasi yang diberikan adalah dengan memberi pujian, dan memberikan hukuman. Berdasarkan pengamatan peneliti tentang usaha dan bentuk motivasi yang diberikan guru dalam pembelajaran seni tari pada siswa kelas III SD Negeri Debong Lor Kota Tegal memberikan dampak positif, terlihat dari antusia siswa dalam mengikuti pembelajaran seni tari dan hasil pembelajaran seni tari siswa kelas III banyak yang sudah tuntas. Saran bagi guru seni tari adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan interaksi guru dengan siswa, dan interaksi antara siswa dengan siswa, sehingga siswa akan lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Usaha, Motivasi, Pembelajaran seni tari.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 17:28
Last Modified: 08 Dec 2016 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24499

Actions (login required)

View Item View Item