HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOREJO 02 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Sonia Tiarafany , 1401412486 (2016) HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOREJO 02 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOREJO 02 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Minat baca dapat diartikan sebagai kecenderungan yang tinggi kepada suatu sumber bacaan tertentu. Meningkatnya minat baca seseorang maka ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki akan semakin bertambah. Berdasarkan data pra penelitian permasalahan dalam penelitian ini adalah sedikitnya jumlah siswa yang mengunjungi perpustakaan untuk membaca. Hasil belajar yang difokuskan pada penelitian ini adalah hasil belajar dari lima mata pelajaran, yaitu IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif antara minat baca terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Sukorejo 02 Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat baca terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Sukorejo 02, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Variabel pada penelitian ini, yaitu minat baca dan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Tinggi SD Negeri Sukorejo 02 yang berjumlah 113 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik teknik propotionate stratified random sampling, sehingga dari 113 siswa diambil 89 siswa untuk dijadikan sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data minat baca. Uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian uji statistik deskriptif pada minat baca menunjukkan bahwa jumlah terbanyak dengan persentase 61,8% dalam kategori sedang. Pengujian hipotesis menunjukkan harga koefisien korelasi (r hitung) > r tabel (0,713 > 0,175) dengan taraf signifikansi sebesar 5% dengan. Harga koefisien korelasi tersebut menunjukan adanya hubungan yang positif antara minat baca dengan hasil belajar siswa SD Negeri Sukorejo 02, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Hal ini memiliki arti bahwa setiap kenaikan variabel minat baca akan mempengaruhi kenaikan variabel hasil belajar. Korelasi dalam penelitian ini tergolong kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara minat baca dengan hasil belajar. Saran untuk guru, yaitu guru meningkatkan minat baca, dengan memberikan tugas yang berkaitan dengan membaca.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat baca; hasil belajar; siswa. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 16:37 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 16:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24497 |
Actions (login required)
View Item |