PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI SDN GUGUS PUSPITA JEPARA

Anita Yulia Firdiana , 1401412478 (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI SDN GUGUS PUSPITA JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI SDN GUGUS PUSPITA JEPARA)
Download (13Mb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di SDN 03 Kriyan, diketahui bahwa dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah. Selain itu data dokumen menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mencapai KKM (70) kurang dari 50%. Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru sehingga pembelajaran yang ada hanya bersifat satu arah, siswa hanya dituntut untuk duduk diam mendengarkan dan mencatat apa yang telah dijelaskan oleh guru. Metode CRH dalam pembelajaran dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran karena siswa dalam metode ini melakukan kerjasama dalam kelompok dan melakukan kuis dengan bersaing dengan kelompok lain. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode CRH terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN gugus puspita Jepara. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Exsperimental research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variable terikat terdiri dari aktivitas dan hasil belajar siswa dan variable bebasnya adalah metode CRH. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil data aktivitas siswa dibandingkan berdasarkan kriteria dan data hasil belajar dianalisis dengan uji gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Course Review Horay berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Puspita pada mata pelajaran IPS. Aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai karakteristik baik dan kelas kontrol hanya mencapai pada karakteristik cukup. Mean posttest kelompok eksperimen 64 dan mean posttest kelas kontrol 51,73. Hal ini menunjukkan indeks gain <g> kelompok eksperimen sebesar 0,417 (sedang) sedangkan <g> kelompok kontrol sebesar 0,218(rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (3,004) > ttabel (2,009) yang berarti bahwa metode CRH berpengaruh terhadap hasil belajar IPS, dan nilai Sig. (2tailed) < 0,05 yaitu 0,004. Simpulannya adalah bahwa (1) Metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Puspita Jepara. (2) Metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di kelas V SDN Gugus Puspita Jepara” dapat diterima. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam ilmu pendidikan dan dapat menjadi salah satu alternatif metode yang dapat di gunakan dalam pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Course Review Horay
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 11:39
    Last Modified: 08 Dec 2016 11:39

    Actions (login required)

    View Item