PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SDN GUGUS MAWARDI KENDAL

Aulia Rahmawati, 1401412476 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SDN GUGUS MAWARDI KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV DI SDN GUGUS MAWARDI KENDAL)
Download (3195Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di di kelas IV SDN 4 Krajankulon dan SDN 2 Kutoharjo , diketahui bahwa guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi. Data dokumen hasil belajar IPS di kedua kelas masih dibawah KKM (70). Di SDN 4 Krajankulon jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 adalah 11 dari 45 siswa, dengan ketuntasan klasikalnya 24,44 %. Sedangkan di SDN 2 Kutoharjo jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 adalah 14 dari 48 siswa, dengan ketuntasan klasikalnya 29,16 %. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Kontrol Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 4 Krajankulon dan SDN 2 Kutoharjo yang berjumlah 93. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan aktivitas siswa menggunakan angket lembar observasi aktivitas siswa. Hasil data aktivitas belajar dibandingkan berdasarkan kriteria, data hasil belajar dianalisis dengan uji gain dan uji t, serta pengaruh aktivitas model embelajaran terhadap hasil belajar dianalisis dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian aktivitas siswa di kelas eksperimen memperoleh skor berturutturut 30 dan 38 dengan kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan di kelas kontrol memperoleh skor berturut-turut 11 dan 15 dengan kriteria kurang dan cukup. Mean posttest kelas eksperimen sebesar 73,87, sedangkan mean posttest kelas kontrol sebesar 67. Indeks gain <g> kelas eksperimen sebesar 0,41 (sedang) sedangkan <g> kelas kontrol sebesar 0,29 (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung (3,184) > ttabel (2.020) berarti bahwa model CIRC berpengaruh terhadap hasil belajar IPS dan nilai Sig. (2-tailed)< 0,05 yaitu 0,002. Hasil uji regresi linier sederhana, pada tabel Coefficients, dihasilkan nilai sig = 0,000 < 0,05, yang artinya model CIRC secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar. Sedangkan pada tabel Model Summary Nilai R Square = 0,944, sehingga dapat diketahui bahwa pengaruh model CIRC terhadap aktivitas dan hasil belajar adalah 94,4%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus Mawardi Kendal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar; ceramah bervariasi; CIRC; hasil belajar; IPS.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 11:39
    Last Modified: 08 Dec 2016 11:39

    Actions (login required)

    View Item