PENGARUH MODEL MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVSDN GUGUS III JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR


Nita Sulistyarini , 1401412475 (2016) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVSDN GUGUS III JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVSDN GUGUS III JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVSDN GUGUS III JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SDN 03 Jumapolo dan SDN 01 Jatirejo terdapat kesamaan, yaitu metode guru dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi. Namun, data dokumen menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai keuntasan klasikal lebih dari 50%. Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru sehingga pembelajaran cenderung monoton karena satu arah, keaktifan siswa di kelas rendah karena siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Implementasi model make a matchdapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran karena siswa akan melakukan diskusi kelompok dan juga permainan mencari kartu pasangan. Rumusan masalah dam penelitian ini adalah: (1) Apakah model pembelajaran Make A Match berpengaruh terhadap aktivitas belajar IPA kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Jumapolo? (2) Apakah model pembelajaran Make A Matchlebih berpengaruhterhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Jumapolo?. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap aktivitas belajar IPA kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Jumapolo. (2)untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Matchlebih berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Jumapolo. Dalam penelitian ini jenis penelitiannya adalah Quasi-Experimental Research Desain Group dengan desain Nonequivqlent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 54 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas IV SDN 01 Jatirejo (kelas kontrol) dan 27 siswa kelas IV SDN 03 Jumapolo (kelas eksperimen). Variabel bebasnya adalah metode TSTS dan metode ceramah bervariasi. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan untuk aktivitas siswa menggunakan angket lembar observasi aktivitas siswa. Hasil data aktivitas belajar dibandingkan berdasarkan kriteria dan data hasil belajar dianalisis dengan uji gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model make a match berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas siswa kelas ekserimen dan kelas konrol sama-sama mencapai kriteria baik namun dengan skor yang berbeda, yaitu 30 untuk kelas eksperimen dan 25. Untuk kelas kontrol. Mean posttest kelas eksperimen 86,7 dan mean posttest kelas kontrol 77,8. untuk indeks gain <g> kelas eksperimen 0,6370 (sedang) sebesar sedangkan <g> kelas kontrol 0,2379 (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai sig.(2-tailed)< 0,05 yaitu 0,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran yang dapat disampaikan kepada guru, hendaknya guru dapat memilih model yang dapat mengaktifkan siswa di kelas. Sedangkan untuk siswa, hendaknya lebih percaya diri dan menonjolkan diri agar pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif pemilihan model yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:39
Last Modified: 08 Dec 2016 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24494

Actions (login required)

View Item View Item