KREATIVITAS GURU DALAM MENCIPTAKAN GERAK TARI BERTEMA DI KELAS II SD NEGERI KERTAHARJA 02 KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Yuyun Annafia , 1401412465 (2016) KREATIVITAS GURU DALAM MENCIPTAKAN GERAK TARI BERTEMA DI KELAS II SD NEGERI KERTAHARJA 02 KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KREATIVITAS GURU DALAM MENCIPTAKAN GERAK TARI BERTEMA DI KELAS II SD NEGERI KERTAHARJA 02 KRAMAT KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KREATIVITAS GURU DALAM MENCIPTAKAN GERAK TARI BERTEMA DI KELAS II SD NEGERI KERTAHARJA 02 KRAMAT KABUPATEN TEGAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Seni tari adalah salah satu cabang seni yang melibatkan gerak badan sebagai unsur utamanya dengan keindahan sebagai ungkapan kreativitas. Pembelajaran seni tari di sekolah dasar dapat mengembangkan motorik siswa dan dapat dijadikan guru sebagai pengembangan kreativitas dalam diri untuk meningkatkan kompetensinya. Kreativitas dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran dan bagi guru juga siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreativitas, sehingga memperoleh gambaran mengenai kreativitas guru dalam menciptakan gerak tari bertema di kelas II SD Negeri Kertaharja 02 Kramat Kabupaten Tegal. Penelitian ini berfokus pada kreativitas guru SD dalam menciptakan gerak tari bertema di kelas II. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru seni tari, kepala sekolah, dan siswa kelas II SD Negeri Kertaharja 02 Kramat Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu triangulasi dengan menggabungkan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Uji keabsahan data yang dilakukan yaitu dengan triangulasi (triangulasi sumber data dan triangulasi teknik), member chek, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran seni tari di SD Negeri Kertaharja 02 Kramat Kabupaten Tegal berjalan sangat baik. Kreativitas guru dalam pembelajaran seni tari dapat dilihat dari kerpibadian diri, proses pembelajaran dan hasil gerak yang dibelajarkan di kelas II SD Negeri Kertaharja 02 Kramat Kabupaten Tegal. Guru menciptakan gerak tari melalui proses imajinasi dari sebuah konsep yang dijadikan dalam sebuah gerak tari, kemudian digabungkan menjadi sebuah gerak yang utuh. Melalui materi gerak tari bertemakan binatang yaitu tari Menthok dan lagu iringan Menthok-menthok, siswa dapat aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran seni tari di kelas II SD Negeri Kertaharja 02 Kramat Kabupaten Tegal. Berkaitan dengan kreativitas hendaknya guru seni tari maupun guru kelas dapat lebih meningkatkan pengembangan kreativitasnya agar kualitas pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat lebih aktif, sehingga siswa dapat lebih memahami konsep yang diberikan dan tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak; Kreativitas; Pembelajaran seni tari.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 17:26
Last Modified: 08 Dec 2016 17:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24493

Actions (login required)

View Item View Item