PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02


Maya Anita Sari , 1401412459 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN TAMBAKAJI 02)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil belajar siswa dan wawancara dengan guru pengampu PKn kelas IV, pemahaman siswa terhadap PKn masih kurang. Ketersediaan media pembelajaran yang inovatif dan menarik diperlukan pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Tambakaji 02. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping; mengetahui kelayakan media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat mata pelajaran PKn kelas IV SDN Tambakaji 02. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Data penelitian ini diperoleh menggunakan wawancara, kuesioner atau angket kebutuhan guru dan siswa, kuesioner validator, kuesioner respon guru dan siswa, serta pretest dan postest. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen One Group Pretest Postest Design. Hasil penelitian menunjukkan 7 tahap pengembangan media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) uji coba produk, 6) revisi produk, dan 7) uji coba pemakaian. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan kepada validator materi, media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping mendapat persentase 93,18% dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan yang dilakukan kepada validator media mendapat persentase 91 ,67% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar pretest dan postest dihitung menggunakan N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test (Paired Samples Test) dengan bantuan program SPSS, pada output diketahui Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar PKn sebelum menggunakan media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping dan sesudah menggunakan media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping. Jadi kesimpulannya media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping materi sistem pemerintahan tingkat pusat yang dikembangkan, layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas IV SDN Tambakaji 02.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku saku, mind mapping, hasil belajar PKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:40
Last Modified: 08 Dec 2016 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24491

Actions (login required)

View Item View Item