PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SD


Pipit Fitri Amarta , 1401412458 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SD]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SD)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih dan menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Rendahnya nilai siswa pada kompetensi dasar menulis puisi karena kurangnya minat untuk menulis puisi dan bahan ajar yang digunakan belum bervariasi. Dengan demikian, kemampuan siswa dalam menulis puisi akan semakin berkembangan dengan baik jika didukung oleh buku panduan menulis puisi yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan menulis puisi menggunakan model mind mapping pada siswa kelas V SD yakni, (1) mendeskripsikan profil puisi, (2) mendeskripsikan penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototipe buku panduan, dan (3) mendeskripsikan uji keefektivan terbatas pada siswa kelas V SDN 01 Sekaran kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan sepuluh tahap pelaksanaan mengacu pada teori Borg dan Gall (Sugiyono, 2015:35) menjadi tujuh tahap. Hal ini dilakukan dengan alasan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Tujuh tahap pelaksanaan penelitian sebagai berikut: (1) tahap pengukuran kebutuhan dan studi literatur; (2) tahap pengembangan draf produk; (3) tahap uji coba lapangan; (4) tahap revisi hasil uji coba; (5) tahap penyempurnaan produk akhir; dan (6) tahap mendeskripsikan penggunaan buku panduan yang belum teruji tingkat keefektivannya; (7) tahap uji keefektivan terbatas pada siswa kelas V SDN 01 Sekaran kecamatam Gunungpati Kota Semarang. . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (a) dilihat dari sisi sampul buku, siswa dan guru membutuhkan desain yang menarik dan mudah dibawa kemana-mana, (b) dilihat dari sisi isi, siswa dan guru membutuhkan buku yang menggunakan bahasa baku, sederhana, dan komunikatif sehingga memudahkan siswa untuk mempelajarinya, (c) dimensi sampul buku mendapat nilai sebesar 91,67, (d) dimensi bentuk buku panduan mendapat nilai sebesar 90, (e) dimensi isi buku panduan mendapat nilai sebesar 90. 3) Simpulan tentang uji keefektivan terbatas pada siswa kelas V SDN 01 Sekaran kecamatan Gunungpati, hasil penelitian menulis karangan narasi dengan buku panduan menghasilkan rata-rata nilai 81,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran yaitu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V khususnya pada materi menulis puisi, sebaiknya menggunakan buku panduan menulis puisi khusus kelas V SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis puisi, mind mapping.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 17:27
Last Modified: 08 Dec 2016 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24490

Actions (login required)

View Item View Item