PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA BIG BOOK DUA DIMENSI SISWA KELAS 3 SD


Siti Rofiah , 1401412457 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA BIG BOOK DUA DIMENSI SISWA KELAS 3 SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA BIG BOOK DUA DIMENSI SISWA KELAS 3 SD]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA BIG BOOK DUA DIMENSI SISWA KELAS 3 SD)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih/menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Rendahnya nilai siswa pada kompetensi dasar menulis karangan narasi dan belum adanya buku panduan yang digunakan. Kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi akan semakin berkembangan dengan baik jika didukung oleh buku panduan menulis karangan narasi yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan menulis karangan narasi siswa kelas 3 SD yakni, (1) mendeskripsikan profil karangan narasi pada pembelajaran menulis karangan sederhana untuk siswa kelas 3 SD, (2) mendeskripsikan penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototipe buku panduan menulis karangan narasi dengan media big book dua dimensi untuk siswa kelas 3 SD, dan (3) mendeskripsikan uji keefektifan terbatas pada siswa kelas 3 SDN Gajahmati Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan sepuluh tahap pelaksanaan mengacu pada teori Borg dan Gall (Sukmadinata, 2008:169) menjadi tujuh tahap. Hal ini dilakukan dengan alasan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Tujuh tahap pelaksanaan penelitian sebagai berikut: (1) tahap pengukuran kebutuhan dan studi literatur; (2) tahap pengembangan draf produk; (3) tahap uji coba lapangan; (4) tahap revisi hasil uji coba; (5) tahap penyempurnaan produk akhir; dan (6) tahap mendeskripsikan penggunaan buku panduan yang belum teruji tingkat keefektifannya; (7) tahap uji keefektifan terbatas pada siswa kelas 3 SDN Gajahmati. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (a) dilihat dari sisi sampul buku, siswa dan guru membutuhkan desain yang menarik dan mudah dibawa kemana-mana, (b) dilihat dari sisi isi, siswa dan guru membutuhkan buku yang menggunakan bahasa baku, sederhana, dan komunikatif sehingga memudahkan siswa untuk mempelajarinya, (c) dimensi sampul buku mendapat nilai sebesar 91,67, (d) dimensi bentuk buku panduan mendapat nilai sebesar 95, (e) dimensi isi buku panduan mendapat nilai sebesar 91,25. 3) Simpulan tentang uji keefektifan terbatas pada siswa kelas 3 SDN Gajahmati Kabupaten Pati, hasil penelitian menulis karangan narasi dengan buku panduan menghasilkan rata-rata nilai 97,6. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran yaitu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 khususnya pada materi menulis karangan narasi, sebaiknya menggunakan buku panduan menulis narasi khusus kelas 3 SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku panduan, menuli narasi, big book.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 17:27
Last Modified: 08 Dec 2016 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24489

Actions (login required)

View Item View Item