PENGARUH MINAT BACA DAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD SE-DABIN 1 KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL

Dian Aprilianingtyas , 1401412452 (2016) PENGARUH MINAT BACA DAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD SE-DABIN 1 KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT BACA DAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V SD SE-DABIN 1 KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL)
Download (3022Kb)

    Abstract

    Kemampuan menulis tidak dapat dipisahkan dari kemampuan membaca karena menulis membutuhkan pengetahuan kosakata yang diperoleh melalui membaca. Kemampuan menulis dipengaruhi oleh faktor internal salah satunya minat dan faktor eksternal salah satunya ketersediaan sarana penunjang. Minat memengaruhi kemampuan menulis dan membaca. Tingginya minat mendorong siswa aktif mengasah kemampuan dan menambah intensitas membaca untuk memperoleh pengetahuan kosakata. Intensitas membaca yang tinggi harus diimbangi kelengkapan sarana penunjang di lingkungan sekolah. Sekolah perlu memperhatikan kelengkapan sarana perpustakaan sekolah khususnya ketersediaan koleksi buku. Lengkapnya koleksi buku memudahkan siswa menemukan bahan bacaan yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh minat baca dan koleksi buku perpustakaan terhadap kemampuan menulis narasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD se-Dabin 1 Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal yang berjumlah 232 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsionate Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Krecjie dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 144 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, analisis dokumen dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, observasi, pedoman penilaian, dan angket. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Terdapat pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis narasi siswa dengan kontribusi pengaruh sebesar 12,4%. Terdapat pengaruh koleksi buku perpustakaan terhadap kemampuan menulis narasi dengan kontribusi sebesar 10%. Terdapat pengaruh antara minat baca dan koleksi buku perpustakaan secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 14,232 > 3,06 dan nilai kontribusi pengaruh sebesar 16,8%. Jika nilai minat baca dan koleksi perpustakaan meningkat, maka kemampuan menulis narasi juga akan meningkat. Guru dan pihak sekolah disarankan meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui pembiasaan membaca dan peningkatan fasilitas bahan pustaka di perpustakaan sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis narasi, koleksi buku perpustakaan, minat baca
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 11:39
    Last Modified: 08 Dec 2016 11:39

    Actions (login required)

    View Item