ANALISIS KESALAHAN POLA KALIMAT BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDASARI KABUPATEN TEGAL


Gita Nur Izzati , 1401412450 (2016) ANALISIS KESALAHAN POLA KALIMAT BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN POLA KALIMAT BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDASARI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN POLA KALIMAT BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDASARI KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahasa tulis siswa yang menyimpang dari kaidah yang berlaku, menyebabkan munculnya kesalahan berbahasa tulis. Kesalahan berbahasa yang muncul selanjutnya penting untuk dianalisis. Analisis kesalahan berbahasa penting dilakukan, karena berguna sebagai alat evaluasi pada awal pembelajaran bahasa dilaksanakan. Analisis kesalahan berbahasa dalam penelitian ini dibatasi pada pola kalimat dasar dalam karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Bandasari Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara umum jenis kesalahan pola kalimat bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Bandasari Kabupaten Tegal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif bidang bahasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan metode simak-catat. Penentuan informan penelitian pada penelitian ini menggunakan prosedur purposif. Teknik analisis data pada penelitian ini disesuaikan dengan jenis data. Data wawancara dan observasi dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Data karangan narasi siswa kelas IV yang berjumlah 13 karangan dianalisis menggunakan metode padan referensial. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan data kualitatif Moleong. Teknik pemeriksaan yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh jenis kesalahan pola kalimat pada karangan narasi siswa. Tujuh kesalahan pola kalimat pada karangan narasi siswa kelas IV yaitu kalimat tidak bersubjek dan tidak berpredikat (3,6%), pola S-K-S-P verba (10,7%), dan pola S-P verba-adalah-S-P (10,7%). Selain itu, terdapat pula jenis kesalahan pola kalimat yaitu pola S-P verba-P verba berulang (14,3%), fungsi keterangan tidak tepat (14,3%), pola S-P verba-S-P verba berulang (21,4%), dan penghilangan subjek (25,0%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Berbahasa, Pola Kalimat, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:36
Last Modified: 08 Dec 2016 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24487

Actions (login required)

View Item View Item