HUBUNGAN TES MEMBACA BERDASARKAN STANDAR PIRLS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 4 GUGUS PLANGKAWATI SEMARANG


MELISA INDRIYANTI , 1401412449 (2016) HUBUNGAN TES MEMBACA BERDASARKAN STANDAR PIRLS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 4 GUGUS PLANGKAWATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN TES MEMBACA BERDASARKAN STANDAR PIRLS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 4 GUGUS PLANGKAWATI SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN TES MEMBACA BERDASARKAN STANDAR PIRLS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 4 GUGUS PLANGKAWATI SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas 4 SD. Hal ini disebabkan karena siswa kesulitan memahami teks bacaan. Selain itu, guru jarang memberikan tes berupa teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tes membaca berdasarkan standar PIRLS kemampuan membaca pada siswa kelas 4 SD Gugus Plangkawati Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD di gugus Plangkawati Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 136 siswa yang terdiri dari siswa kelas 4 SDN Pudakpayung 01 dan SDN Pudakpayung 02. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, kuesioner, dokumentasi. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa mayoritas siswa memperoleh nilai antara 21 -40 dan 41-60 dengan rata-rata nilai tes membaca sebesar 40,6. Sedangkan kemampuan membacanya sebesar 33-59 kata per menit, dengan ratarata kemampuan membacanya adalah 49 kata per menit. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi sederhana. Hasil penelitian ini adalah tes membaca berdasarkan standar PIRLS berhubungan positif dan signifikan dengan kemampuan membaca pada siswa kelas 4 Gugus Plangkawati dengan r sebesar 0,860. Tes membaca berdasarkan standar PIRLS berpengaruh terhadap kemampuan membaca sebesar 73,96% dan sisanya 26,04% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, tes membaca
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:37
Last Modified: 08 Dec 2016 16:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24486

Actions (login required)

View Item View Item