KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS KARTINI JEPARA

Erwinda Widyanawati , 1401412437 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS KARTINI JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS KARTINI JEPARA)
Download (2013Kb)

    Abstract

    Proses pembelajaran IPA menekankan pada pembelajaran pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Melalui pengamatan peneliti, pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Gugus Kartini guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Guru kurang memotivasi siswa untuk aktif menyusun konsep baru serta menerapkan konsep dalam situasi yang berbeda. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti menetapkan rumusan masalah yakni “Apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan siswa kelas IV SD Gugus Kartini dibandingkan model pembelajaran konvensional?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan siswa kelas IV SD Gugus Kartini Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain yang dipakai adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Gugus Kartini Jepara. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling, dan didapat siswa kelas IV SDN 1 Krasak dan siswa kelas IV SDN 3 Krasak sejumlah 75 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran Learning Cycle 5E dan variabel terikat berupa hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil posttest dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi dibandingkan hasil posttest dengan model pembelajaran konvensional. Keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 5E didasarkan pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t yang diperoleh t-hitung sebesar 2.776889, harga t-hitung tersebut lebih besar dari ttabel sebesar 1.671 . Keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 5E juga didukung dengan perhitungan N-gain, skor N-gain kelas eksperimen sebesar 0.30942 berada pada kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 0.050197 berada pada kategori rendah. Simpulan yang didapat yaitu model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus Kartini Jepara.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPA, keefektifan, learning cycle 5E
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 11:38
    Last Modified: 08 Dec 2016 11:38

    Actions (login required)

    View Item