KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG


Tities Kunthi Kusumaningrum , 1401412436 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam (SDA) pada peserta didik kelas IV SD di gugus Larasati Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus Larasari, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 54 siswa. Sampel merupakan siswa dari SD Plalangan 04 sebagai kelas eksperimen, dan SD Plalangan 01 digunakan sebagai kelas kontrol. Teknik sampling pada penelitian ini adalah adalah sampling cluster. Analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Script efektif digunakan pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen sebesar 86.50 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 66.89. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (9.676) > ttabel (2.0066) berarti bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script lebih efektif digunakan pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam dibandingkan model konvensional. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada guru ketika melaksanakan pembelajaran dengan model Cooperative Script adalah, guru hendaknya membimbing siswa untuk membuat rangkuman dan mengemukakan pendapatnya, serta guru harus aktif dalam memberikan motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Script, Hasil Belajar, IPA, Keefektifan, Sumber Daya Alamkum
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:37
Last Modified: 08 Dec 2016 16:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24483

Actions (login required)

View Item View Item