KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG

FATIKA DESI ANGGRAENI , 1401412430 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG)
Download (2184Kb)

    Abstract

    Materi IPA yang relatif banyak menuntut siswa untuk mengingat materi sedangkan selama ini guru hanya menggunakan model konvensional seperti ceramah, tanya jawab, dan diskusi sehingga siswa kurang memahami materi yang telah disampaikan. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi penggunaan model belajar yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran mind mapping dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA, karena model pembelajaran mind mapping memungkinkan siswa untuk mengingat materi yang banyak dengan cara yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji keefektifan penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA materi peristiwa alam pada siswa kelas V SDN Tambakaji 01 Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tambakaji 01 Semarang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 62 siswa. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan uraian. Data hasil belajar dianalisis dengan uji t sedangkan untuk menghitung keefektifan model mind mapping pada pelajaran IPA materi peristiwa alam menggunakan uji N-Gain (normal gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih besar dibanding dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol yaitu 64,91 sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 78,21. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (6,121) > ttabel (1,67) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model mind mapping lebih besar dibandingkan model konvensional. Hal ini didukung dengan perhitungan N-Gain sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Tambakaji 01 Semarang. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya mulai menerapkan model pembelajaran mind mapping dan melakukan variasi model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan kondisi siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Mind Mapping, dan Pembelajaran IPA
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 11:39
    Last Modified: 08 Dec 2016 11:39

    Actions (login required)

    View Item