PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN JAWA UNTUK MENANAMKAN NILAI CINTA BUDAYA PADA ANAK DI SD ANTONIUS 01 SEMARANG

Alexander Dwi Nanda Indra K. , 1401412411 (2016) PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN JAWA UNTUK MENANAMKAN NILAI CINTA BUDAYA PADA ANAK DI SD ANTONIUS 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN JAWA UNTUK MENANAMKAN NILAI CINTA BUDAYA PADA ANAK DI SD ANTONIUS 01 SEMARANG)
Download (2640Kb)

    Abstract

    Cinta budaya merupakan bagian dari salah satu karakter anak bangsa yaitu cinta tanah air. Tiap orang diharapkan memiliki nilai cinta budaya karena tiap orang dalam suatu bangsa bertanggungjawab pada kelestarian budaya bangsanya sendiri. Nilai cinta budaya hendaknya ditanamkan pada dalam diri anak-anak. Salah satu kegiatan penanaman nilai cinta budaya dapat melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa untuk menanmkan nilai cinta budaya pada anak di SD Antonius 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SD Antonius 01 dengan 21 sampel siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa dan peran kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa untuk menanamkan nilai cinta budaya pada anak di SD Antonius 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Penganalisan data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji triangulasi data. Berdasarkan berdasarkan penelitian yang dilakukan, Kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa memiliki peran dalam menanamkan nilai cinta budaya pada anak karena dapat mencapai rata-rata skor indikator 17 dengan persentase 85% atau dengan kriteria sangat baik. Bentuk nilai cinta budaya pada anak juga berbanding lurus dengan skor peran kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa, sehingga menunjukan peran kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa dalam menanamkan nilai cinta budaya pada anak. Simpulan hasil penelitian adalah, kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa sangat berperan dalam menanamkan nilai cinta budaya pada anak di SD Antonius 01. Saran dalam penelitian ini adalah bagi guru hendaknya dapat menarik minat siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler karawitan jawa, bagi sekolah agar untuk terus mempertahankan kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa, dan bagi siswa adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa ini siswa dapat mengembangkan kemampuan bermain gamelan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Cinta Budaya, Ekstrakurikuler, Karawitan Jawa.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 08 Dec 2016 12:27
    Last Modified: 08 Dec 2016 12:27

    Actions (login required)

    View Item