PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJASAMA SISWA KELAS TINGGI DI SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG


Urvia Syahra Fitri , 1401412408 (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJASAMA SISWA KELAS TINGGI DI SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJASAMA SISWA KELAS TINGGI DI SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJASAMA SISWA KELAS TINGGI DI SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Menurut pendapat ahli, kerjasama adalah aktivitas yang dikerjakan bersama demi memperoleh manfaat yang juga bisa dirasakan bersama. Pembelajaran dengan kerjasama akan memberikan landasan bagaimana siswa dapat sukses belajar bersama orang lain. Salah satu strategi implementasi karakter kerjasama adalah melalui integrasi dengan mata pelajaran SBK. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran SBK dapat membentuk karakter kerjasama siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran SBK dalam membentuk karakter kerjasama siswa kelas tinggi di SDN Tambakaji 05 Semarang; (2) mendeskripsikan bentuk karakter kerjasama siswa kelas tinggi dalam pembelajaran SBK di SDN Tambakaji 05 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi SDN Tambakaji 05 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa berjumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran SBK di SDN Tambakaji 05 Semarang berada dalam kategori baik. Pembelajaran SBK dilaksanakan dengan tahapan pembelajaran yang meliputi kegiatan pra, awal, inti, dan akhir pembelajaran serta didukung komponen pembelajaran yang meliputi tujuan, materi, metode, dan media. Bentuk karakter kerjasama siswa dalam pembelajaran SBK berada dalam kategori sangat baik. Dalam pembelajaran SBK, guru melakukan pembiasaan sikap-sikap positif yang mencerminkan karakter kerjasama. Siswa saling menghargai hasil karya yang ditampilkan, siswa menampilkan hasil karya sesuai giliran, siswa dapat berbagi tugas sesuai tanggung jawab, siswa mau berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas, siswa saling berupaya mencapai keberhasilan bersama, dan saling berupaya untuk menghindari terjadinya konflik. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran SBK dapat membentuk karakter kerjasama siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) kepala sekolah mendukung pelaksanaan pembelajaran SBK dengan menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan layak digunakan; (2) guru melaksanakan pembelajaran SBK yang lebih bervariasi dan menyenangkan; (3) siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam pembelajaran SBK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran SBK, karakter kerjasama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:38
Last Modified: 08 Dec 2016 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24469

Actions (login required)

View Item View Item